More

    Elektabilitas Naik, Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

    Partai Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Calon Legislatif di Jawa Barat

    Ciamis – Lembaga Konsultan dan Penelitian Tenggara Strategics telah merilis riset terbaru mereka tentang elektabilitas partai politik, calon legislatif DPR RI, dan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Salah satu hasil survei dari Tenggara Institute adalah peta persaingan calon legislatif DPR RI di daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) X.

    Direktur Eksekutif Tenggara Strategics, Riyadi Suparno, menjelaskan bahwa Jabar X meliputi Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar. Daerah pemilihan Jabar X dipilih sebagai area survei karena merupakan bagian dari Jawa Barat yang memiliki jumlah pemilih terbanyak pada Pemilu 2024, dengan 2,34 juta orang terdaftar sebagai pemilih dan 7 kursi DPR RI yang diperebutkan.

    Hasil survei menunjukkan bahwa 16 persen dari masyarakat belum memberikan jawaban, sehingga persaingan untuk memperoleh suara di Jabar X masih terbuka bagi para kandidat calon presiden pada Pemilu 2024.

    Riyadi menyatakan bahwa untuk Pemilu Legislatif (Pileg), partai politik petahana masih mendominasi perolehan suara di daerah pemilihan Jabar X. Namun, PDIP yang merupakan pemenang Pemilu 2019 tertinggal oleh Gerindra karena tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran.

    Berdasarkan data dari Tenggara Strategics, Gerindra diprediksi sebagai pemenang Pileg di Jabar X dengan perolehan 17 persen suara, diikuti oleh PDIP dengan 13,4 persen, dan PKS dengan 12,8 persen. Selanjutnya, disusul oleh Golkar (9 persen), PAN (7 persen), PKB (7 persen), Partai Nasdem (4 persen), dan Partai Demokrat (4 persen).

    Riyadi juga memprediksi bahwa kehadiran Iwan Bule akan melengkapi daftar calon legislator DPR RI asal Jabar X. Iwan Bule diperkirakan akan kembali menguasai daerah tersebut, bersaing dengan anggota legislatif petahana seperti Surahman Hidayat (PKS), M. Nurdin (PDIP), dan Agun Gunanjar Sudarsa (Partai Golkar) dengan elektabilitas sekitar 11-12 persen. Selain itu, dari empat kabupaten/kota di daerah pemilihan Jabar X, Iwan Bule mendominasi Kabupaten Ciamis dan Kuningan dengan 80 persen jumlah pemilih.

    Di Ciamis, Iwan Bule juga mendominasi dengan elektabilitas 19 persen, diikuti oleh Surahman (13 persen), M. Nurdin (11 persen), Agun Gunanjar Sudarsa (9 persen), dan Didi Irawadi Syamsuddin (6 persen). Di kota asalnya, Kuningan, Iwan Bule juga masih mendominasi dengan elektabilitas 18 persen, diikuti oleh Surahman (12 persen), M. Nurdin (8 persen), Agun Gunanjar (6 persen), dan Didi Irawadi Syamsuddin (3 persen).

    Survei juga menemukan bahwa 22 persen pemilih di Jabar X masih belum menentukan pilihan caleg pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024, sehingga persaingan perebutan suara masih akan berlangsung. Survei Tenggara Strategics dilakukan antara tanggal 22 hingga 26 Januari 2024 dengan melibatkan 816 responden. Responden merupakan warga dengan hak pilih atau sudah menikah, dan survei dilakukan secara tatap muka dengan margin error sebesar 3,5 persen.

    Artikel Asli: https://www.viva.co.id/berita/politik/1685528-elektabilitas-naik-gerindra-diuntungkan-dengan-iwan-bule-sebagai-caleg-di-jabar?page=3
    Ditulis oleh: Hardani Triyoga

    Source link