More

    Rahasia Kebahagiaan Orang Finlandia: Hanya Melarang 3 Hal Ini

    Finlandia sudah enam tahun berturut-turut menjadi negara dengan penduduk paling bahagia di dunia berdasarkan World Happiness Report. Salah satu prinsip hidup orang Finlandia adalah “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön,” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda.” Prinsip ini menjadi salah satu faktor kebahagiaan masyarakat Finlandia.

    Frank Martela, seorang filsuf dan ahli psikologi Finlandia, mengungkap 3 hal yang diyakini menjadi resep kebahagiaan warga Finlandia. Pertama, mereka tidak membandingkan diri dengan orang lain. Mereka hidup sederhana dan tidak pernah memamerkan kesuksesan. Kedua, mereka menghargai alam dan menghabiskan waktu di alam terbuka untuk mendapatkan ketenangan pikiran. Terakhir, kejujuran dan saling percaya menjadi hal yang dibanggakan oleh masyarakat Finlandia.

    Berdasarkan penelitian, tingkat kebahagiaan suatu negara akan semakin tinggi bila tingkat kejujuran dan kepercayaan masyarakatnya tinggi. Sebuah eksperimen juga menunjukkan bahwa orang Finlandia cenderung mengembalikan barang berharga yang tertinggal di tempat umum. Anak-anak di Finlandia juga sering pulang sekolah dan bermain di luar tanpa pengawasan orang dewasa, menunjukkan bahwa Finlandia merupakan negara yang aman.

    Source link