More

    5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Asam Urat, Salah Satunya Memakai Sepatu yang Tidak Tepat

    Penyakit asam urat adalah peradangan sendi yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit yang juga dikenal sebagai hiperurisemia ini ditandai dengan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh melebihi batas normal.

    Asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba dengan gejala ibu jari kaki terasa terbakar serta nyeri sendi yang intens, sendi terasa panas, bengkak, kemerahan, hingga sulit bergerak.

    Sama halnya dengan penyakit lainnya, asam urat juga bisa muncul akibat kebiasaan atau pola hidup sehari-hari. Ada lima kebiasaan atau gaya hidup yang bisa memicu timbulnya asam urat.

    1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin
    Makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, bir, dan beberapa makanan laut seperti kerang dapat memicu serangan asam urat.

    2. Mengonsumsi Alkohol
    Minuman alkohol, termasuk bir, dapat memicu serangan asam urat karena mengandung zat purin yang tinggi dan memperlambat pembuangan asam urat melalui urine.

    3. Sering Minum Soda
    Sirup jagung fruktosa tinggi dalam soda dapat meningkatkan kadar asam urat.

    4. Jarang Minum Air Mineral
    Dehidrasi akibat kurang minum air mineral juga bisa menjadi faktor risiko asam urat. Asam urat berkaitan erat dengan batu ginjal dan risikonya meningkat saat tubuh mengalami dehidrasi.

    5. Ukuran Sepatu Tidak Sesuai
    Penggunaan sepatu yang tidak sesuai dapat memicu nyeri asam urat, terutama pada orang yang rentan. Pastikan area ujung sepatu cukup lebar untuk menyisipkan kaki tanpa terjepit atau tergesek.

    Untuk itu, perlu diperhatikan pola makan, konsumsi alkohol, soda, air mineral, dan pemilihan sepatu agar dapat mencegah timbulnya asam urat.

    Source link