More

    PO Bus Indonesia dengan Trayek Terjauh Mencapai 3.000 KM

    Bus merupakan salah satu moda transportasi darat yang diminati oleh masyarakat Indonesia karena tarifnya terjangkau dibandingkan dengan pesawat atau membawa kendaraan pribadi.

    Saat ini, sejumlah perusahaan otobus (PO) di Indonesia tidak hanya melayani rute antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP), tetapi juga melayani rute antar pulau dengan jarak ribuan kilometer.

    Berikut adalah daftar PO bus yang melayani jarak trayek terjauh di Indonesia:

    1. PO ALS
    PO ALS merupakan operator bus yang melayani trayek terjauh di Indonesia. PT Antar Lintas Sumatera (ALS) asal Mandailing, Sumatra Utara, telah berdiri sejak tahun 1966. Salah satu trayek terjauh dari ALS adalah Medan-Jember (PP) yang memiliki jarak sekitar 3.000 km dan memakan waktu lebih dari sekitar 87 jam atau sekitar 4-5 hari. Tarif untuk trayek ini dibanderol sekitar Rp 910.000,-.

    2. PO PMTOH
    PT Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH) asal Banda Aceh merupakan operator bus yang menghadirkan layanan trayek terjauh dengan rute Aceh-Solo yang memiliki jarak tempuh sekitar 2.663 km. Waktu tempuh perjalanan untuk rute ini berkisar lebih dari 55 jam. Tarif bus PO PMTOH Aceh-Solo ini dijual dengan harga sekitar Rp 800.000 – Rp 900.000,-.

    3. PO Putra Pelangi
    PO Putra Pelangi dari Aceh juga melayani rute terjauh di Indonesia, seperti Aceh-Jakarta yang berjarak sekitar 2.524 km. Waktu tempuh perjalanan untuk rute ini berkisar lebih dari 45 jam. Tarif untuk rute ini adalah sekitar Rp 700.000,-.

    4. PO Sempati Star
    PT Bintang Sempati Star atau PO Sempati Star asal Medan, Sumatera Utara melayani rute Jakarta-Medan. Memiliki jarak tempuh sekitar 1.894 km, layanan bus pada rute tersebut dapat memakan waktu hingga sekitar 54-62 jam perjalanan. Tarif tiketnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 850.000 hingga lebih dari Rp 1 juta per orang.

    5. PO Medan Jaya
    PO Medan Jaya asal Medan, Sumatera Utara melayani rute seperti Medan-Jakarta (PP) yang memiliki jarak tempuh mencapai 1.894-1.993 km. Waktu perjalanan kurang lebih selama 38-45 jam. Harga tiket bus untuk setiap rute pun bervariasi tergantung kelas yang dipilih.

    Selain PO di atas, masih banyak lagi sejumlah PO yang melayani rute-rute terjauh di Indonesia.

    Source link