More

    5 Film & Series Tema Politik dan Pemilu yang Direkomendasikan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Warganet Indonesia tengah diramaikan oleh perilisan film Dirty Vote yang ditayangkan perdana melalui kanal YouTube rumah produksi WatchDoc pada Minggu (11/2/2024) pukul 11.00 WIB atau hari pertama masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu).

    Film dokumenter ini disutradarai oleh Dandhy Dwi Laksono yang menampilkan tiga pakar hukum tata negara, yaitu Feri Amsari, Bivitri Susanti, dan Zainal Arifin Mochtar. Dalam film ini, ketiga pakar tersebut memaparkan dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024 secara sistematis.

    Film ini melibatkan 20 lembaga, termasuk Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Indonesia Corruption Watch, LBH Pers, hingga WALHI. Namun, film ini dirilis pada masa tenang Pemilu 2024.

    Sebelum Dirty Vote, sudah ada beberapa film yang mengangkat tema politik. Bahkan, film-film tersebut mencakup Hollywood dan drama Korea (Drakor).

    Lantas, apa saja film bertema politik yang cocok untuk ditonton saat masa Pemilu? Berikut lima rekomendasinya.

    1. Queenmaker

    Queenmaker adalah drama Korea bertema politik yang tayang di Netflix pada 14 April 2023 lalu. Drama yang dibintangi oleh Kim Hee-ae, Moon So-ri, hingga Han Chae Kyung ini disutradarai oleh Oh Jin Suk.

    Drakor ini menceritakan perempuan karier yang bekerja di bidang konsultan politik, Hwang Do Hee (Kim Hee-ae) yang membantu seorang pengacara, Oh Seung Sook (Moon Ri) yang mencalonkan diri untuk memenangkan pemilihan Wali Kota Seoul.

    2. A Taxi Driver

    Ditayangkan di Netflix, A Taxi Driver adalah film Korea yang diangkat dari kisah nyata kehidupan sopir taksi, Kim Sa-bok, yang mengantarkan jurnalis asal Jerman, Jurgen Hinzpeter untuk melakukan reportase ke Gwangju saat pemberontakan besar-besaran.

    3. Lincoln

    Lincoln adalah film drama biografi yang menceritakan perjuangan Abraham Lincoln sebagai presiden dan menghapuskan perbudakan kulit hitam di Amerika Serikat (AS). Film ini cukup berfokus pada kisah Lincoln yang mengumpulkan suara rakyat dan Demokrat untuk menghapus perbudakan di Negeri Paman Sam.

    4. Munich: The Edge of War

    Ini adalah film drama biografi sejarah yang disutradarai oleh Christian Schwochow dan dirilis pada 21 Januari 2022 lalu di Netflix. Film berdurasi 123 menit ini adalah hasil dari adaptasi novel berjudul sama karya Robert Harris.

    5. Di Balik 98

    Di Balik 98 adalah film Indonesia hasil garapan Lukman Sardi yang perdana tayang pada 2015 silam. Film berdurasi 106 menit ini menceritakan tentang tiga orang yang berjuang saat tragedi kerusuhan akibat krisis moneter 1998, yakni Diana (Chelsea Islan), Daniel (Boy William), dan Rachmat (Teuku Rifnu Winaka).

    Source link