More

    Jangan Abaikan, Inilah Tanda-tanda Kelelahan yang Dapat Berujung pada Kematian

    Rasa lelah adalah salah satu kondisi umum yang dialami oleh setiap orang. Saat merasa lelah, tentu saja dapat menyebabkan kehilangan semangat dalam beraktivitas. Kelelahan dapat menimbulkan gejala yang berbeda sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Meskipun umum, ternyata kelelahan dapat mempengaruhi kesehatan dan bahkan menyebabkan kematian.

    Dua anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 dilaporkan meninggal dunia akibat kelelahan saat menjalankan tugas mereka.

    Beberapa penyebab kelelahan antara lain, terlalu banyak aktivitas fisik tanpa istirahat, kurangnya aktivitas fisik, kurang tidur, atau kebiasaan makan yang tidak sehat. Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A. Damay, ada beberapa tanda kelelahan yang dapat dianggap sebagai darurat dan tidak boleh disepelekan, yaitu tidak merespons dengan baik ketika dipanggil, tidak dapat menjalin percakapan yang baik, dan tidak bisa makan.

    Ketika merasa lelah, sebaiknya diatasi dengan istirahat, bukan dengan menambah ‘amunisi’ agar tetap terjaga. Vito menyarankan untuk tidak menggunakan kafein atau minuman berenergi untuk merangsang tubuh, melainkan segera istirahat.

    Sumber: CNN Indonesia

    Artikel Selanjutnya
    7 Tanda Perusahaan Lagi Bermasalah dan Mau PHK Karyawan

    (hsy/hsy)

    Source link