More

    Hal-Hal yang Harus dihindari untuk Meraih Kebahagiaan Menurut Orang Finlandia

    Finlandia dikenal sebagai tempat paling bahagia di dunia. Bahkan selalu menjadi urutan pertama selama enam tahun berturut-turut dalam laporan World Happines Report.

    Ternyata untuk menjadi bahagia, masyarakat Finlandia punya tipsnya sendiri. Mereka akan menghindari beberapa hal negatif dalam kehidupannya.

    Filsuf dan ahli psikologi Finlandia, Frank Martela mengungkapkan tiga hal yang tidak pernah dilakukan masyarakat negara tersebut. Berikut rangkumannya:

    1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain
    Anda masih sering membandingkan diri dengan orang lain? Baiknya kurangi kebiasaan itu. Masyarakat Finlandia juga disebut menghindari perilaku tersebut.
    Martela mengatakan mereka tidak pernah memamerkan kekayaan pada orang lain. Selain itu warga Finladia berperilaku secara sederhana.
    Pepatah “Kell’ onni on, se onnen kätkeköön,” yang berarti “Jangan membandingkan atau menyombongkan kebahagiaan Anda” juga dipegang teguh oleh orang Finladia. Mereka memegang prinsip untuk berfokus pada hal yang membuat bahagia dan jangan memamerkan kesuksesan.

    2. Mengabaikan Alam
    Kebanyakan masyarakat Finlandia menyukai alam. Mereka memanfaatkan liburan musim panas selama empat minggu untuk bepergian ke pedesaan atau menyatu dengan alam.
    Bagi mereka, berada di alam terbuka meningkatkan kemampuan bertahan hidup dan kesejahteraan. Selain itu juga bisa meningkatkan proses pengembangan diri.
    Masyarakat Finlandia juga melihat alam memegang peranan penting bagi manusia. Dalam survei Sitra tahun 2021, 87% masyarakat menilai alam akan memberikan ketenangan pikiran, energi dan juga relaksasi.

    3. Mengambil Hak Orang Lain
    Sering mendapatkan cerita atau mengalami dompet hilang dan tak pernah kembali? Kejadian ini kemungkinan besar tak akan pernah Anda alami di Finlandia.
    Eksperimen tersebut pernah dilakukan Reader’s Digest pada 2022. Mereka menjatuhkan 192 dompet pada 16 kota seluruh dunia. Hasilnya 11 dari 12 dompet yang jatuh di Helsinki, Finlandia, akan kembali lagi ke pemiliknya.
    Martela mengatakan orang Finlandia cenderung memiliki sifat saling percaya dan menghargai kejujuran. Mereka akan mengembalikan barang yang tertinggal di tempat umum dan tak akan mengambik barang yang tertinggal.
    Keamanan negara Finlandia juga bisa dilihat saat anak-anak beraktivitas. Mereka bisa menggunakan bus umum saat pulang sekolah dan bermain di luar ruangan tanpa pengawasan orang dewasa.

    Source link