More

    Waspada! 6 Makanan-Minuman Ini Berpotensi Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersama Durian

    Restoran Jepang di Malaysia Menyajikan Ramen dalam Durian Utuh Lengkap dengan Daging Buah Tersebut. Jakarta, CNBC Indonesia – Aroma yang kuat dengan cita rasa unik membuat durian menjadi buah yang digemari banyak orang. Buah dengan lapisan kulit berduri tersebut mengandung serat, vitamin C, kalori, protein, thiamin, dan mangan. Selain lezat, durian memiliki banyak manfaat. Mulai dari mencegah pertumbuhan sel kanker hingga meningkatkan kesehatan kulit. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan durian. Berikut jenis-jenisnya, dirangkum dari berbagai sumber:
    1. Kepiting: Kepiting adalah makanan yang bersifat “mendinginkan”, sedangkan durian termasuk makanan yang “memanaskan”. Mengonsumsi keduanya secara bersamaan dapat menyebabkan sistem pencernaan kacau dan memicu rasa tidak nyaman pada perut.
    2. Alkohol: Melansir dari KL Foodie, durian mengandung senyawa sulfur yang tinggi sehingga menghambat enzim yang membantu memecah alkohol di dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan mabuk lebih lama daripada biasanya. Selain itu, mengonsumsi alkohol bersamaan dengan durian juga memicu rasa mulas dan mengganggu pencernaan. Menurut Durianed!, kombinasi antara durian dan alkohol dapat mengirimkan gelombang kejut ke sistem kardiovaskular. Lalu, campuran karbohidrat, kalori, dan serat mampu memicu masalah serius bagi penderita diabetes.
    3. Susu: Minum susu dengan durian berpotensi menyebabkan peningkatan tekanan darah yang bisa berisiko fatal. Dalam kasus ringan, susu dan durian bisa memicu sakit kepala.
    4. Kopi: Mengutip dari Goody Feed dan Durianed, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan gagal jantung, masalah jantung lainnya, dan masalah pembuluh darah jika dikonsumsi bersamaan dengan durian. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi durian saat minum kopi.
    5. Daging Sapi dan Kambing: Daging sapi dan daging kambing adalah makanan yang ‘panas’. Oleh karena itu, mengonsumsi kedua jenis daging ini dengan durian dapat menambah “rasa panas” di tubuh dan menyebabkan peradangan.
    6. Buah Leci, Manggis, dan Kelengkeng: Leci, kelengkeng, dan manggis adalah tiga buah yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian. Menurut berbagai sumber, leci; kelengkeng; dan durian adalah makanan “panas” yang jika dikonsumsi secara bersamaan dan berlebihan dapat menyebabkan demam, sembelit, atau sakit tenggorokan. Sementara itu, manggis dan durian sama-sama memiliki banyak kandungan senyawa selulosa. Akibatnya, kedua buah tersebut dapat “menyerap air seperti spons” dan menyumbat usus bila dimakan sekaligus. [Gambas:Video CNBC]

    Artikel selanjutnya:
    Terungkap, Ini 5 Alasan Durian Dijuluki Sebagai Raja Buah
    (fab/fab)

    Source link