More

    Inilah Rahasia Mengapa Orang Korea Tidak Pernah Berbau Ketiak

    Warga Korea bisa dianggap sebagai salah satu dari sedikit masyarakat di dunia yang paling beruntung karena tidak perlu menggunakan deodoran seumur hidup. Tubuh mereka secara alami memang tidak mengeluarkan bau badan. Penggunaan deodoran juga tidak populer di Korea sehingga orang asing akan kesulitan menemukan deodoran jika sedang berada di sana.

    Orang Korea memiliki gen langka yang membuat tubuh mereka tidak menghasilkan bau ketiak. Menurut studi dari Medical News Today, dua persen orang di dunia memiliki gen yang tidak biasa, yakni ABCC11. Mayoritas dari dua persen kelompok tersebut adalah orang Asia Timur, termasuk Korea Selatan dan Jepang. Karena memiliki gen langka ini, mereka tidak pernah mengalami bau ketiak.

    Studi tersebut melibatkan 6.495 perempuan dalam studi Children of the 90s di University of Bristol, Inggris. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology, 117 partisipan atau hanya 2 persen memiliki gen yang membuat mereka tidak perlu menggunakan deodoran.

    Meskipun demikian, 78 persen orang dengan gen yang tidak menghasilkan bau ketiak masih tetap menggunakan deodoran setiap hari. Sementara sekitar 5 persen orang yang memiliki bau ketiak tidak menggunakan deodoran, dan lebih dari seperlima partisipan tidak memiliki bau ketiak saat tidak menggunakan deodoran.

    Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang memiliki varian genetik tidak biasa ini juga berpotensi memiliki kotoran telinga yang kering. Indikator terbaik untuk mengetahui apakah seseorang memiliki bau ketiak adalah dengan memeriksa kotoran telinga.

    Studi ini juga menyatakan bahwa tes gen sederhana dapat memperkuat kesadaran diri dan menghindari pembelian yang tidak perlu serta paparan bahan kimia bagi yang tidak memiliki bau ketiak.

    Source link