More

    Studi Mengungkap 8 Kebiasaan yang Dapat Menambah Umur 24 Tahun

    Pada sebuah penelitian yang belum dipublikasikan, dilakukan analisis data kesehatan veteran AS untuk melihat delapan pilihan gaya hidup sehat yang dapat memperpanjang usia seseorang hingga 24 tahun.

    Studi ini ditulis oleh Xuan-Mai Nguyen, seorang spesialis ilmu kesehatan untuk Program Sejuta Veteran di VA Boston Healthcare System.

    Menurut Nguyen, jika seorang pria berusia 40 tahun hanya menerapkan satu perilaku sehat, maka dia bisa mendapatkan tambahan usia sebesar 4,5 tahun. Sementara itu, penambahan satu kebiasaan sehat dapat memperpanjang usia hingga tujuh tahun, dan tiga kebiasaan sehat dapat memperpanjang usia pria sebanyak 8,6 tahun.

    Perempuan juga mengalami penambahan usia yang signifikan dengan menerapkan perilaku sehat. Seorang wanita yang hanya menerapkan satu perilaku sehat dapat menambah usia sebanyak 3,5 tahun, dua perilaku sehat dapat menambah usia delapan tahun, tiga perilaku sehat dapat menambah usia 12,6 tahun, dan menerapkan semua kebiasaan sehat dapat memperpanjang usia sebesar 22,6 tahun.

    Studi tersebut juga menunjukkan bahwa delapan gaya hidup yang dapat memperpanjang usia seseorang antara lain adalah berolahraga, tidak mengonsumsi obat-obatan, tidak merokok, menghindari stres, mengonsumsi pola makan nabati, menghindari minuman keras, cukup tidur, dan menjalin hubungan sosial.

    Meskipun penelitian ini hanya menunjukkan hubungan antara gaya hidup dan umur panjang, bukan sebab dan akibat langsung, namun hasilnya memberikan wawasan penting tentang pentingnya gaya hidup sehat dalam memperpanjang usia seseorang.

    Source link