More

    10 Kalimat yang Harus Dihindari Orang Tua saat Berbicara dengan Anak Menurut Ahli Parenting

    Orang tua adalah ‘sekolah’ pertama bagi setiap anak. Karena otaknya yang masih berkembang seperti spons, anak-anak sangat tanggap dan memerhatikan setiap gerak-gerik hingga ucapan orang tua.

    Mereka belajar dengan cara mengamati dan meniru tingkah laku, tindakan, nilai-nilai, keyakinan bahkan ekspresi orang tuanya. Ketika anak-anak tumbuh, orang pertama yang mereka tiru dalam hidupnya adalah orang tua. Karena itu, sebagai orang tua Anda harus bertindak secara bertanggung jawab ketika kita berada di tengah-tengah anak-anak.

    Menurut Parents, terdapat 10 kalimat yang dilarang diucapkan orang tua kepada anak.

    1. “Good Job” atau Kamu Hebat
    Pujian seperti ‘kamu anak yang baik’ atau ‘good job’ saat anak berhasil melakukan sesuatu ternyata tidak begitu baik untuk diucapkan. Berdasarkan penelitian, ucapan tersebut dapat membuat anak bergantung pada pujian orang lain daripada motivasi diri sendiri.

    2. Berlatih adalah kunci kesempurnaan
    Ucapan yang mendorong anak untuk berlatih bisa meningkatkan tekanan untuk unggul atau menang. Kalimat tersebut juga bisa diartikan saat anak gagal karena tidak berlatih dengan keras.

    3. Jangan Menangis
    Kalimat “jangan menangis” kerap dilontarkan kepada anak yang terluka atau menangis saat terjatuh. Padahal kalimat ini tidak membantu mereka merasa lebih baik, karena anak-anak menangis karena mereka sedang tidak merasa baik.

    4. Cepat!
    Ucapan ‘cepat!’ untuk mendorong anak bergerak cepat ternyata akan menambah stres. Orang tua dapat menggantinya dengan kalimat ‘ayo, segera selesaikan’ dengan nada lembut.

    5. Ayah/Ibu Sedang Diet
    Orang tua sebaiknya tidak menunjukkan bahwa mereka sedang melakukan diet di depan anak. Anak yang melihat orang tuanya terus memperhatikan berat badan dan membicarakan tentang kegemukan bisa mengembangkan citra tubuh yang tidak sehat.

    6. Ayah/Ibu Tidak Mampu Membelinya
    Hindari mengatakan ‘tidak punya uang’ saat anak meminta mainan yang mahal. Orang tua dapat menggantinya dengan penjelasan yang lebih bijak.

    7. Jangan Berbicara dengan Orang Asing
    Larangan berbicara dengan orang asing juga tidak baik untuk diucapkan pada anak. Anak-anak perlu diajarkan cara yang benar untuk berinteraksi dengan orang asing.

    8. Hati-hati
    Ternyata kata ‘hati-hati’ juga tidak bisa dikatakan pada anak-anak. Penulis Baby Knows Best menjelaskan bahwa ucapan itu akan mengalihkan perhatian anak dari yang sedang dilakukan.

    9. Tidak Boleh Jajan Kalau Makanannya Tidak Habis
    Ancaman untuk menghabiskan makanan agar bisa mendapatkan camilan atau jajan juga tidak dianjurkan. Hal ini bisa meningkatkan nilai anak pada makanan penutup dan mengurangi kepuasan pada makanan utama.

    10. Sini Ayah/Ibu Bantu
    Bantuan yang langsung ditawarkan orang tua juga tidak selalu baik untuk anak. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri untuk membantu mereka bersikap mandiri.

    Maka dari itu, sebagai orang tua, penting untuk memperhatikan kata-kata dan tindakan yang dilontarkan kepada anak agar dapat membentuk mental dan karakter mereka dengan baik.

    Source link