More

    Negara dengan Tingkat Kematian Penduduk Tertinggi di Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak faktor yang memengaruhi panjang atau pendeknya hidup seseorang, mulai dari gaya hidup, genetika, faktor risiko, hingga faktor lain di luar kekuasaan manusia. Menurut data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2019, rata-rata harapan hidup di dunia adalah 73,3 tahun.

    Seiring berjalannya waktu, angka harapan hidup global semakin meningkat, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun 1900, rata-rata harapan hidup global hanya 32 tahun. Namun pada tahun 2021, angka harapan hidup telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 71 tahun.

    Jepang adalah negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia, yakni 84,3 tahun, berdasarkan data WHO pada 2019. Hal ini berarti rata-rata penduduk Jepang dapat hidup hingga usia 84,3 tahun.

    Singapura adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 10 besar negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Berdasarkan data WHO, Singapura berada di posisi keempat dengan angka harapan hidup 83,2 tahun, hanya selisih satu tahun dengan Jepang.

    Sementara itu, Indonesia menempati peringkat ke-115 dalam daftar negara dengan angka harapan hidup di dunia, dengan rata-rata usia 71,3 tahun. Angka ini masih di bawah rata-rata harapan hidup global.

    Lesotho merupakan negara dengan angka harapan hidup terendah di dunia, yaitu 50,7 tahun. Dengan demikian, Lesotho merupakan negara dengan rata-rata usia penduduk yang tidak panjang umur.

    Berikut adalah daftar 10 negara dengan penduduk berumur paling pendek di dunia menurut laporan “Life Expectancy at Birth (years)” oleh WHO:

    1. Lesotho (angka harapan hidup: 50,7 tahun)
    2. Afrika Tengah (angka harapan hidup: 53,1 tahun)
    3. Somalia (angka harapan hidup: 56,5 tahun)
    4. Eswatini (angka harapan hidup: 57,7 tahun)
    5. Mozambik (angka harapan hidup: 58,1 tahun)
    6. Kiribati (angka harapan hidup: 59,4 tahun)
    7. Chad (angka harapan hidup: 59,6 tahun)
    8. Guinea-Bissau (angka harapan hidup: 60,2 tahun)
    9. Zimbabwe (angka harapan hidup: 60,7 tahun)
    10. Sierra Leone (angka harapan hidup: 60,8 tahun)

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    WHO: Kasus Covid-19 di Dunia Naik, 10 Ribu Pasien Meninggal

    (hsy/hsy)

    Source link