More

    Warga Muslim di Negara Ini Jalani Puasa Ramadan Terlama di Dunia, 17 Jam!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bulan suci Ramadan telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia akan memulai berpuasa pada Senin, 11 Maret atau Selasa, 12 Maret, tergantung pada penampakan hilal di masing-masing negara.

    Puasa dari fajar hingga senja akan berlangsung antara 12 hingga 17 jam tergantung di mana Anda berada di dunia.

    Lalu, mengapa Ramadan dimulai pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya?

    Ramadan dimulai 10 hingga 12 hari lebih awal setiap tahun karena penanggalan Islam didasarkan pada penanggalan lunar Hijriah dengan panjang bulan 29 atau 30 hari. Karena tahun lunar lebih pendek 11 hari dibandingkan tahun matahari, Ramadhan akan dirayakan dua kali di tahun 2030, pertama dimulai pada tanggal 5 Januari dan kemudian dimulai pada tanggal 26 Desember. Kali berikutnya Ramadhan akan dimulai setelah 12 Maret adalah 33 tahun dari sekarang atau tepatnya pada tahun 2057.

    Waktu Puasa di Berbagai Belahan Dunia

    Melansir Al Jazeera pada Minggu (10/3/2024), umat Islam yang tinggal di negara-negara paling selatan di dunia, seperti Chile atau Selandia Baru, akan berpuasa sekitar 12 jam, sementara mereka yang tinggal di negara-negara paling utara, seperti Islandia atau Greenland, akan berpuasa lebih dari 17 jam.

    Bagi umat Islam yang tinggal di Belahan Bumi Utara, jumlah jam puasa akan sedikit lebih pendek pada tahun ini dan akan terus berkurang hingga tahun 2031, yaitu tahun di mana Ramadhan akan mencakup titik balik matahari musim dingin atau hari terpendek dalam setahun. Setelah itu, jam puasa akan bertambah hingga titik balik matahari musim panas atau hari terpanjang dalam setahun di Belahan Bumi Utara. Bagi umat Islam yang berpuasa dan tinggal di selatan khatulistiwa, hal sebaliknya akan terjadi. Di kota-kota paling utara, seperti Longyearbyen di Norwegia, di mana matahari tidak terbenam dari tanggal 20 April hingga 22 Agustus, peraturan agama telah dikeluarkan untuk mengikuti waktu di Mekah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat.

    Daftar Kota Dengan Waktu Puasa Terlama Hingga Terpendek

    Di bawah ini adalah rata-rata jumlah jam puasa di kota-kota di seluruh dunia. Jam dan waktu puasa sebenarnya akan berbeda-beda setiap harinya, begitu pula dengan cara penghitungannya:

    – Nuuk, Greenland: 17 jam 52 menit
    – Reykjavik, Islandia: 17 jam 25 menit
    – Helsinki, Finlandia: 17 jam 9 menit
    – Oslo, Norwegia: 16 jam 47 menit
    – Glasgow, Skotlandia: 16 jam 7 menit

    – Johannesburg, Afrika Selatan: 12 jam 48 menit
    – Montevideo, Uruguay: 12 jam 47 menit
    – Canberra, Australia: 12 jam 46 menit
    – Puerto Montt, Cile: 12 jam 43 menit
    – Christchurch, Selandia Baru: 12 jam 42 menit

    Sementara warga Muslim di Jakarta dan daerah lain di Indonesia akan berpuasa selama kurang lebih 13 jam 23 menit. [Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    India Larang Poligami, Masyarakat Islam Terbelah

    (luc/luc)

    Source link