More

    3 Hal yang Perlu Dihindari Agar Lamaran Kerja Anda Diterima

    Jakarta, CNBC Indonesia – Para pencari kerja perlu menghindari hal-hal yang berpotensi menghambat dalam melamar pekerjaan. Berdasarkan situs pencarian kerja Monster, sepanjang Januari 2024, sebanyak 95% orang sedang mencari pekerjaan baru tahun ini.

    Sayangnya, lebih dari separuhnya atau sebanyak 68% orang merasa akan kesulitan mendapatkan pekerjaan karena kondisi ekonomi saat ini.

    Mengutip CNBC Indonesia, meskipun peluang mendapatkan pekerjaan cukup menantang, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Menurut mantan perekrut Amazon yang kini menjabat sebagai CEO perusahaan pembinaan karier Talent Paradigm, Lindsay Mustain mengatakan bahwa perilaku mencari validasi, atau yang biasa disebut putus asa, dapat membawa energi negatif dan mengurangi peluang para pencari kerja. Oleh karena itu, para pencari kerja sebaiknya menghindari 3 hal berikut ini.

    1. Jangan melamar ke sebuah perusahaan berulang kali

    Hindari mengirim lamaran pekerjaan ke perusahaan secara berulang-ulang, terutama dalam waktu singkat. Mustain mengatakan bahwa perekrut cenderung menganggap bahwa ada yang salah dengan kandidat yang sudah melamar lebih dari 20 kali dalam dua tahun terakhir namun belum juga diterima bekerja. Oleh karena itu, usahakan untuk membatasi lamaran internal hingga lima posisi yang sangat sesuai dengan Anda di perusahaan.

    2. Jangan gunakan spanduk ‘terbuka untuk bekerja’ di LinkedIn

    Memasang status “terbuka untuk bekerja” di LinkedIn sebaiknya dihindari karena dapat memberikan kesan putus asa kepada perekrut. Hal ini juga dapat mengurangi kesan sebagai kandidat yang berkualitas.

    3. Jangan terlihat ‘sangat terluka dan sakit hati’ di media sosial

    Hindari membagikan status pengangguran atau keluhan di media sosial, terutama jika dilakukan dengan nada yang terlalu emosional. Sebaliknya, usahakan untuk membagikan pengalaman dan kesuksesan Anda di masa lalu serta menyampaikan bahwa Anda sedang mencari peluang baru sebagai sebuah awal yang baru.

    Dengan menghindari ketiga hal di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan dalam melamar pekerjaan. Ingatlah bahwa Anda tidak membutuhkan pekerjaan apa pun, tetapi Anda menginginkan pekerjaan yang baik.

    Source link