More

    Apakah Masih Boleh Makan dan Minum Setelah Imsak?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bagi yang menjalankan ibadah puasa, imsak atau imsakiyah bukanlah hal yang asing. Imsak merupakan tanda bagi umat muslim untuk menyudahi waktu sahur.

    Namun tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah saat imsak masih bisa makan atau minum. Serta apa yang harus dilakukan saat waktu imsak tiba.

    Mengutip NU Online, imsak berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti menahan. Maksudnya, seseorang bisa menahan diri dalam hal-hal yang membatalkan puasa sebelum masuk waktu Subuh.

    Imsak jatuh 10 menit sebelum waktu subuh tiba. Selama rentang waktu sepuluh menit itu seseorang akan segera menghentikan aktivitas sahurnya atau makan dan minum. Mereka bisa menggosok gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang bisa jadi membatalkan puasa. Serta mandi atau bersih-bersih untuk melaksanakan solat subuh.

    Imsak hanya ada di Indonesia. Fenomena masjid-masjid dan musola menyuarakan waktu imsak tak ditemui di negara manapun. NU Online menyebut, waktu imsak yang sering kita lihat di jadwal-jadwal shalat selama bulan Ramadhan adalah waktu yang dibuat oleh para ulama Indonesia untuk kehatian-hatian. Ini adalah bagian dari sikap khas para ulama Nusantara. Imsak dibuat agar ummat lebih berhati-hati agar tidak bablas makan dan minum pada saat sahur.

    Bolehkah makan dan minum ketika sudah imsak?

    Penting untuk dipahami bahwa puasa dimulai sejak terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Ini artinya, umat Muslim masih boleh makan dan minum meski sudah imsak, selama belum masuk waktu Subuh. Imam Al-Mawardi di dalam kitab Iqna’-nya menuturkan:

    “Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar dan menunda berbuka sejenak setelah tenggelamnya matahari agar ia menyempurnakan imsak (menahan diri dari yang membatalkan puasa) di antara keduanya.”

    Source link