More

    KPU Mengeluarkan Jadwal Rapat Pleno Untuk Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 di 38 Provinsi

    Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 30 provinsi setelah dilakukan rekapitulasi, sementara dua provinsi lainnya dipimpin oleh pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

    Pemilu 2024 mencakup pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan jumlah pemilih tetap nasional sebanyak 204.807.222.

    Ada tiga pasangan yang ikut dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

    Pada pemilu legislatif, ada 18 partai politik nasional yang ikut serta, termasuk di antaranya PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Buruh, dan Gelora Indonesia. Selain itu, ada juga enam partai politik lokal yang turut serta.

    Menurut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 akan dilaksanakan dari 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

    Source link