More

    Semua Pihak Diimbau Tetap Tenang Menjelang Pengumuman Resmi KPU Hasil Pilpres Satu Putaran

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera mengumumkan hasil rekapitulasi resmi Pilpres 2024. Pengamat politik Surokim Abdussalam menyerukan kepada semua pihak untuk menerima hasil KPU dengan legowo, apabila Pilpres 2024 hanya satu putaran.

    Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih memimpin dari pasangan lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Surokim mengatakan bahwa kedewasaan politik dan kenegarawanan dari kandidat yang kalah sangat penting saat ini. Masyarakat akan menghargai sikap yang sportif dari pihak yang kalah.

    Terkait potensi kecurangan, Surokim menyadari bahwa setiap Pemilu pasti memiliki kekurangan. Jika perlu, pihak yang merasa dirugikan bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, setelah putusan MK keluar, langkah terbaik adalah berkomitmen untuk rekonsiliasi nasional sebagai bentuk dukungan terhadap demokrasi.

    Surokim menekankan pentingnya mengambil sikap yang bijaksana dan menghormati proses hukum yang berlangsung. Rekonsiliasi harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan kedewasaan, tanpa melibatkan emosi yang berlebihan. Semua pihak harus siap menerima keputusan akhir dari MK dan bersikap sebagai negarawan yang bertanggung jawab.

    Source link