More

    Tips Berbuka Puasa Menurut Kepala Kemenag Ponorogo

    Dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan, menjaga kesehatan menjadi prioritas utama bagi umat Islam. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo, Moh. Nurul Huda memberikan tips makan dan minum saat berbuka puasa. Menurutnya, disarankan untuk membatalkan puasa dengan minum air atau makan buah saat berbuka.

    “Setelah minum air atau makan buah, baru setelah itu melaksanakan salat magrib dulu,” ungkap Nurul Huda. Menurutnya, setelah salat magrib baru boleh makan, namun perlu diingat agar makanan yang dikonsumsi tidak mengganggu aktivitas selanjutnya seperti salat isya dan salat tarawih.

    Nurul Huda menekankan pentingnya untuk makan secukupnya saja saat berbuka puasa, agar perut tidak merasa terlalu kenyang. Dia juga menyatakan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menjaga berat badan, kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, mengaktifkan detoksifikasi, dan mengurangi risiko diabetes.

    “Puasa sebenarnya menyehatkan, asalkan pola makan saat berbuka tidak berlebihan,” katanya. Huda juga mengajak masyarakat Muslim untuk memperhatikan pola makan saat berbuka puasa demi menjaga kesehatan, terutama dalam menjalankan aktivitas keagamaan yang bernilai pahala.

    “Marilah kita menjalankan ibadah puasa ini dengan menjaga kesehatan melalui pola makan yang baik,” pungkasnya. Ayo, selamat menjalankan ibadah puasa dengan menjaga kesehatan!

    Source link