More

    Negara-Negara Terbahagia di Asia yang Mendapat Rating 10 dari Lembaga Asing: Mengapa Indonesia Tidak Termasuk?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Singapura kembali menjadi negara paling bahagia di Asia selama dua tahun berturut-turut, menurut laporan World Happiness Report 2024 yang dirilis Rabu (20/3/2024).

    Negara kecil tetangga Indonesia itu berada di peringkat 30 dari 143 negara yang disurvei untuk penelitian ini. Adapun daftar teratas tahun ini adalah Finlandia, disusul oleh Denmark dan Islandia.

    World Happiness Report merupakan laporan tahunan hasil kerjasama sejumlah lembaga riset ternama, yakni Gallup, Oxford Wellbeing Research Centre, dan UN Sustainable Development Solutions Network.

    Laporan ini mengacu pada data survei global dari masyarakat di lebih dari 140 negara. Negara-negara diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi rata-rata kehidupan mereka selama tiga tahun sebelumnya, dalam hal ini tahun 2021 hingga 2023.

    Para ahli juga menganalisa data enam faktor utama: PDB per kapita, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kemurahan hati, dan persepsi masyarakat terhadap korupsi.

    “Faktor-faktor ini membantu menjelaskan perbedaan (kebahagiaan) antar negara, sedangkan peringkat itu sendiri hanya didasarkan pada jawaban yang diberikan orang ketika diminta menilai kehidupan mereka sendiri,” tulis pernyataan World Happiness Report.

    Berikut 10 peringkat negara paling bahagia teratas di Asia:
    1. Singapura
    2. Taiwan
    3. Jepang
    4. Korea Selatan
    5. Filipina
    6. Vietnam
    7. Thailand
    8. Malaysia
    9. Cina
    10. Mongolia

    Rahasia Singapura Jadi Negara Paling Bahagia di Asia:
    “Singapura memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami,” kata Shun Wang, salah satu penulis dan editor World Happiness Report 2024 kepada CNBC Make It.
    “Itu berarti pemerintah Singapura benar-benar bersih dan masyarakatnya memiliki persepsi korupsi yang sangat rendah bahkan lebih rendah dibandingkan Denmark atau Norwegia,” tambah Wang.
    Selain itu, Singapura juga berhasil dalam meningkatkan harapan hidup, panjang umur, dan hidup sehat, menurut Jan-Emmanuel De Neve, Direktur Pusat Penelitian Kesejahteraan di Universitas Oxford dan editor World Happiness Report 2024.
    Meskipun demikian, peringkat Singapura lebih rendah dalam hal persepsi dukungan sosial, kebebasan menentukan pilihan hidup, dan kemurahan hati.
    Sementara itu, Myanmar, Kamboja, India, Sri Lanka, dan Bangladesh termasuk di antara negara-negara yang paling tidak bahagia di Asia, menurut laporan tersebut.
    India, negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, berada di peringkat 126 dari 143 negara yang disurvei. Sedangkan Indonesia berada di peringkat 80 dari 143 negara.

    Source link