More

    Profil Scania P320-A6X4 Euro 5: Truk Heavy Duty Premium dari Swedia

    PT United Tractors (UT) merupakan distributor resmi truk dan bus Scania di Indonesia yang telah membawa sejumlah produk kendaraan niaga berkualitas tinggi dan canggih ke Tanah Air. Scania, merek asal Swedia, dikenal di Indonesia terutama melalui sasis busnya yang sering digunakan untuk bus AKAP maupun dalam kota.

    Namun, Scania juga memiliki sejumlah truk premium yang secara khusus digunakan dalam sektor pertambangan dan pengangkutan alat berat seperti trafo dengan beban muatan lebih dari 200 ton. Salah satu truk unggulan dari Scania adalah model P320-A6X4, yang telah dipamerkan pada acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicles (GIICOMVEC) 2024.

    Scania P320-A6X4 merupakan truk tugas berat generasi terbaru dengan standar emisi Euro 5, yang menawarkan performa mesin tinggi, kenyamanan, keamanan, dan fitur telematika. Truk ini memiliki dimensi yang gagah dengan panjang 6.950 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 3.310 mm. Dengan berat 27 ton, truk premium ini memiliki desain Eropa yang khas dengan grill besar dan lampu depan halogen dengan DRL.

    Masuk ke dalam kabin, truk ini dilengkapi dengan berbagai fitur otomatis dan modern, baik di kokpit maupun panel pintu pengemudi. Sasis baru ini juga memiliki dasbor ergonomis dan roda kemudi yang lebih modern. Instrumen panel kabin tersedia dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan pengemudi selama perjalanan jauh.

    Dibekali dengan mesin diesel DC09 5-silinder segaris berkapasitas 8.999 cc, truk ini mampu menghasilkan tenaga 320 dk dan torsi 1.600 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis GRS905 12-percepatan opticruise untuk kenyamanan dan efisiensi bahan bakar. Truk ini juga dilengkapi dengan suspensi parabolic spring, ban Bridgestone Ecopia H-Drive, dan berbagai fitur keamanan seperti EBS, ABS, ESP, retarder brake, overturn protection, dan hill-hold.

    Fitur lain yang ada pada truk ini adalah Scania Fleet Management Services (FMS) yang memungkinkan operator armada truk memantau unit armada secara real-time melalui aplikasi mobile Scania. Scania P320-A6X4 juga dilengkapi dengan Scania Driver Support untuk memberikan saran kepada pengemudi agar dapat berkendara lebih aman dan efisien. Dengan sertifikasi kabin Euro ECE R29 dan Swedish VVFS 2003:29, truk ini dijamin aman untuk pengemudi di lapangan.

    Source link