More

    Gaji Wanita Lebih Kecil, Kecuali di 10 Bidang Pekerjaan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gender pay gap alias kesenjangan gaji antara pekerja perempuan dan laki-laki adalah topik penting dalam isu ketenagakerjaan. Menurut laporan UN Women, secara global perempuan mendapatkan upah rata-rata 25% lebih rendah dibanding rekan kerja mereka yang laki-laki, bahkan untuk posisi dan pengalaman kerja yang sama. Akibat kesenjangan ini, terjadi ketimpangan pendapatan antara laki-laki dan perempuan seumur hidup, dan semakin banyak perempuan yang pensiun dalam keadaan miskin.

    Meski gender pay gap adalah fakta, sebuah riset terbaru mengungkap ada sejumlah pekerjaan di mana perempuan bisa digaji lebih tinggi dari laki-laki.

    Pakar keuangan pribadi Wealth of Geeks menganalisis data kesenjangan upah gender dari Kantor Statistik Nasional di Inggris untuk mengungkap di mana perempuan bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

    10 pekerjaan di mana pekerja perempuan digaji lebih tinggi dibanding laki-laki

    Pekerjaan masyarakat dan penegakan sipil
    Pekerja sosial
    Ahli biologi
    Manajer bisnis
    Asisten pribadi dan sekretaris
    Ahli atau guru untuk anak berkebutuhan khusus
    Dokter hewan
    Occupational therapists
    Ahli ilmu sosial dan humaniora
    Pemilik atau manajer bar

    Profesi nomor satu dalam daftar tersebut adalah Petugas Penegak Hukum Masyarakat dan Sipil. Profesi ini bertugas memastikan bahwa pengemudi mengikuti peraturan parkir di jalan umum dan di tempat parkir dengan menerbitkan Pemberitahuan Tilang. Perempuan dalam pekerjaan ini memperoleh penghasilan rata-rata 28,9% lebih tinggi dibanding laki-laki.

    “Banyak perempuan di Inggris mungkin telah menjadi korban kesenjangan upah gender selama bertahun-tahun, namun menarik untuk melihat pekerjaan di mana mereka bisa mendapat upah lebih banyak dibandingkan laki-laki; temuan ini bahkan dapat menginspirasi perubahan karier bagi sebagian orang,” kata Michael Dinich, juru bicara Wealth of Geeks.

    Selengkapnya: 10 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Bisa Bergaji Tertinggi

    (hsy/hsy)

    Source link