More

    Studi Menemukan Lokasi Kursi Pesawat yang Paling Aman, Penting untuk Dicatat saat Mudik!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 tinggal menghitung hari. Maka dari itu, tak heran jika sejumlah umat Muslim di Indonesia sudah mulai mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Bahkan, beberapa di antaranya sudah berangkat lebih awal.

    Ada berbagai moda transportasi yang sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman demi merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar, seperti kendaraan pribadi, kereta api, kapal, hingga pesawat.

    Pesawat adalah transportasi paling populer bagi masyarakat yang kampung halamannya berada di luar provinsi atau pulau rantauan. Selain nyaman, pesawat paling sering dipilih karena menawarkan jarak tempuh yang singkat.

    Biasanya, para calon penumpang memilih kursi pesawat untuk menunjang kenyamanannya selama penerbangan, seperti ruang kaki yang lebih luas, dekat dengan toilet, atau bahkan sekadar ingin duduk tepat di sebelah jendela.

    Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui di mana letak kursi paling aman di pesawat, terutama saat terjadi kondisi darurat. Lantas, di mana kah letak kursi pesawat yang paling aman?

    Melansir dari CNN International, investigasi TIME yang mengamati data kecelakaan pesawat selama 35 tahun menemukan bahwa area kursi tengah yang terletak di bagian paling belakang pesawat memiliki tingkat kematian terendah, yakni 28 persen.

    Sementara itu, kursi lorong di barisan tengah pesawat dekat sayap memiliki risiko kematian tertinggi, yakni tingkat kematian 44 persen.

    Mengapa kursi tengah di barisan belakang pesawat paling aman dalam kondisi darurat?

    Ahli penerbangan di Central Queensland University, Doug Drury mengungkapkan bahwa data TIME tersebut sangat masuk akal. Duduk di dekat pintu keluar akan memberi penumpang jalur penyelamatan tercepat dalam keadaan darurat, asalkan tidak ada api. Namun, sayap pesawat menyimpan bahan bakar sehingga kursi yang berada di dekat sayap bukanlah opsi teraman.

    Saat kondisi darurat, penumpang kelas bisnis yang ditempatkan di bagian depan pesawat disebut akan terkena dampak terlebih dulu sebelum penumpang lain yang berada di belakang.

    Alasan mengapa kursi tengah lebih aman daripada kursi jendela atau lorong karena terdapat buffer berupa penumpang lain di kedua sisinya.

    Selain letak kursi penumpang, jenis pesawat juga diklaim dapat memengaruhi keadaan darurat. Umumnya, pesawat dengan ukuran yang lebih besar akan memiliki lebih banyak material struktural sehingga lebih kuat untuk menahan tekanan di ketinggian.

    Dengan demikian, pesawat besar dapat memberikan perlindungan tambahan dalam keadaan darurat, meskipun pada akhirnya semuanya sangat bergantung pada tingkat keparahan keadaan darurat.

    Tak hanya itu, jenis keadaan darurat juga diklaim dapat menentukan kelangsungan hidup para penumpang dan awak kabin.

    Pesawat yang menabrak gunung disebut memiliki peluang keselamatan penumpang terkecil, seperti tragedi Air New Zealand TE901 yang menabrak lereng Gunung Erebus di Antartika dan menewaskan 257 penumpang serta awak kabin.

    Sementara itu, pesawat yang terjatuh di laut dengan posisi ‘hidung’ pesawat terlebih dahulu juga diklaim mengurangi peluang untuk bertahan hidup, seperti insiden Air France Penerbangan 447 pada 2009 yang menewaskan 228 penumpang dan awak kabin.

    Maka dari itu, para pilot dilatih untuk meminimalkan potensi risiko dalam keadaan darurat sebaik mungkin. Mereka akan berusaha menghindari menabrak gunung dan mencari pendaratan tempat yang datar, seperti lapangan terbuka untuk mendarat senormal mungkin.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    Terungkap Ini Alasan Haram Bercanda Bawa Bom di Pesawat

    (rns/rns)

    Source link