More

    Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Tetap Segar dan Awet

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hari Raya Idul Fitri di Indonesia identik dengan kue kering yang menjadi camilan wajib di meja makan. Kue kering sangat disukai oleh banyak orang, khususnya dinikmati waktu halal bihalal bersama keluarga dan teman. Namun, biasanya kue kering kerap melempem, tidak renyah, dan aromanya sudah berbeda. Hal ini bisa jadi dikarenakan proses penyimpanannya yang tidak benar. Ada beberapa cara-cara menyimpan kue kering yang benar agar tetap awet dan tahan lama. Berikut beberapa tipsnya, yang dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber.

    1. Gunakan Wadah Kedap Udara
    Wadah kedap udara seperti toples kaca atau plastik adalah pilihan terbaik untuk menyimpan kue kering. Pastikan wadahnya benar-benar kering sebelum digunakan. Hindari menggunakan wadah yang terbuat dari kardus karena dapat menyerap kelembapan dan membuat kue melempem.

    2. Simpan di Tempat yang Sejuk dan Kering
    Kelembapan dan suhu yang tinggi dapat membuat kue kering mudah melempem dan berjamur. Simpan kue kering di tempat yang sejuk dan kering, seperti di rak dapur atau lemari.

    3. Pisahkan Jenis Kue yang Berbeda
    Kue kering dengan tekstur yang berbeda sebaiknya disimpan dalam wadah yang berbeda. Hal ini untuk mencegah kue kering dengan tekstur yang rapuh menjadi hancur karena tertekan oleh kue kering yang lebih keras. Contohnya, pisahkan nastar yang rapuh dari kastengel yang lebih keras.

    4. Dinginkan Kue Terlebih Dahulu
    Sebelum disimpan, pastikan kue kering sudah benar-benar dingin. Menyimpan kue yang masih hangat dalam wadah kedap udara akan membuat uap air terperangkap dan menyebabkan kue melempem. Biarkan kue mendingin di atas rak kawat atau nampan selama beberapa jam, atau semalaman untuk memastikan suhunya benar-benar turun.

    5. Masukkan Silica Gel
    Selain menggunakan stoples kedap udara yang bersih, bisa juga memasukkan silica gel ke dalamnya. Silica gel bisa ditambahkan atau dimasukkan ke dalam stoples saat menyimpan kue kering di dalamnya untuk menyerap kelembapan dalam stoples. Pilih silica gel yang khusus untuk makanan (food grade) agar aman untuk penyerap kelembapan.

    [Gambas:Video CNBC]

    (hsy/hsy)

    Source link