More

    Obat untuk Kolesterol Menyebabkan Ratusan Pasien Masuk Rumah Sakit, 2 Meninggal

    Pemerintah Jepang menarik produk suplemen kesehatan yang diduga menyebabkan dua kematian dan lebih dari 100 orang sakit. Produk yang ditarik adalah dari Kobayashi Pharmaceutical Co. dan mengandung bahan Benikoji, jamur berwarna merah yang diklaim dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebanyak 106 orang telah dirawat di rumah sakit akibat produk ini.

    Produk yang ditarik berasal dari Jepang, namun belum jelas apakah ada bahan baku impor dari luar negeri. Lebih dari 40 produk dari perusahaan lain yang mengandung Benikoji juga ditarik dari peredaran. Seluruh daftar produk yang ditarik telah dipublikasikan di situs resmi Kementerian Kesehatan Jepang.

    Penarikan ini adalah pertama kalinya bagi suplemen yang diproduksi di dalam negeri. Kobayashi Pharmaceutical telah meminta maaf kepada konsumen dan menyarankan untuk tidak menggunakan produk mereka. Presiden perusahaan juga mengadakan konferensi pers dan meminta maaf atas masalah ini.

    Kementerian Kesehatan Jepang memperingatkan masyarakat untuk berhenti mengonsumsi produk yang mengandung Benikoji, terutama bagi penderita masalah kesehatan. Kasus ini berpotensi menimbulkan lebih banyak korban di masa yang akan datang. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi produk yang mengandung bahan tersebut.

    Source link