More

    Kolesterol Meningkat Setelah Lebaran, Cepat Rebus 6 Daun Ajaib Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Lebaran identik dengan makanan bersantan dan berminyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung yang berbahaya.

    Kolesterol terjadi ketika kadar lemak dalam darah meningkat dan dapat menyumbat aliran darah ke otak. Bahkan, jika sumbatan sudah parah atau total, dapat menyebabkan kematian otak.

    Kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau konsumsi lemak berlebihan. Oleh karena itu, orang dengan kolesterol tinggi berupaya menurunkannya dengan pola makan yang lebih sehat.

    Berbagai upaya dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan berserat hingga obat-obatan. Namun, tahukah Anda bahwa ada pengobatan alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan menggunakan daun-daun tertentu yang direbus.

    Rebusan dari beberapa daun di bawah ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, seperti daun kelor, daun salam, daun sirsak, daun artichoke, daun sirih, dan daun serai.

    Daun kelor dianggap sebagai obat kolesterol karena kandungan zat aktifnya seperti flavonoid dan tanin. Daun salam kaya akan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Daun sirsak juga dianggap efektif dalam menurunkan kolesterol karena mengandung senyawa flavonoid.

    Penelitian menunjukkan bahwa daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Daun sirih mengandung kadar eugenol yang dapat menurunkan kolesterol dengan menghambat produksi kolesterol di liver. Sedangkan, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan tergantung pada dosis yang diberikan.

    Jadi, dengan mengonsumsi rebusan daun-daun ini, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

    Source link