More

    6 Makanan & Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Durian Dengan Risiko Bahaya

    Durian adalah salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Buah berduri dengan aroma menyengat serta tekstur dan rasa yang unik ini sangat mudah ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

    Di Indonesia, ada berbagai cara untuk menikmati buah dengan nama latin Durio Zibethinus ini, seperti sambil minum secangkir teh atau kopi hingga dimakan dengan nasi. Namun, ternyata ada sejumlah makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan bersama durian.

    Apa saja? Berikut enam rangkumannya, yang dikutip dari berbagai sumber.

    1. Alkohol
    Durian mengandung senyawa sulfur yang tinggi sehingga menghambat enzim yang membantu memecah alkohol di dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan mabuk lebih lama daripada biasanya. Selain itu, mengonsumsi alkohol bersamaan dengan durian juga memicu rasa mulas dan mengganggu pencernaan. Kombinasi antara durian dan alkohol dapat mengirimkan gelombang kejut ke sistem kardiovaskular. Campuran karbohidrat, kalori, dan serat dari kedua bahan ini juga dapat memicu masalah serius bagi penderita diabetes.

    2. Kopi
    Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyebabkan gagal jantung, masalah jantung lainnya, dan masalah pembuluh darah jika dikonsumsi bersamaan dengan durian. Sebaiknya hindari mengonsumsi durian saat minum kopi.

    3. Susu
    Minum susu dengan durian dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berisiko fatal. Dalam kasus ringan, kombinasi susu dan durian juga bisa memicu sakit kepala.

    4. Kepiting
    Kepiting termasuk makanan “mendinginkan”, sedangkan durian termasuk makanan “memanaskan”. Mengonsumsi kedua makanan ini bersamaan dapat menyebabkan sistem pencernaan kacau dan memicu rasa tidak nyaman pada perut.

    5. Buah Leci, Manggis, dan Kelengkeng
    Leci, kelengkeng, dan manggis termasuk makanan “panas” seperti durian. Mengonsumsi ketiganya secara bersamaan dan berlebihan dapat menyebabkan demam, sembelit, atau sakit tenggorokan. Manggis dan durian memiliki banyak kandungan selulosa yang dapat menyumbat usus jika dimakan bersamaan.

    6. Daging Sapi dan Kambing
    Daging sapi dan daging kambing termasuk makanan “panas”. Mengonsumsi durian bersamaan dengan kedua jenis daging ini dapat meningkatkan “rasa panas” di tubuh dan menyebabkan peradangan.

    Sebaiknya hindari mengonsumsi durian dengan makanan dan minuman yang disebutkan di atas untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

    Source link