More

    Taylor Swift’s Song Reappears on TikTok Ahead of Album Release

    Lagu dari penyanyi asal Amerika Serikat, Taylor Swift, kembali muncul di TikTok, meskipun Universal Music Group (UMG) sedang berseteru dengan platform tersebut terkait royalti. Lagu-lagu ini tersedia kembali menjelang comeback Taylor Swift dan perilisan album terbarunya, The Tortured Poets Department, minggu depan.

    UMG resmi menarik semua musik resmi dari musisi yang mereka tangani dari TikTok mulai 1 Februari 2024 waktu Amerika Serikat karena masalah royalti. Akibatnya, lagu-lagu resmi dari Taylor Swift, Sting, The Weeknd, SZA, Drake, Billie Eilish, U2, Ariana Grande, Justin Bieber, Coldplay, dan Bad Bunny tidak lagi tersedia di TikTok.

    Penarikan lagu tersebut terjadi setelah UMG mengancam untuk menarik hak lagu mereka karena tidak berhasil bernegosiasi perpanjangan kontrak dengan TikTok. Perjanjian lisensinya dengan platform tersebut berakhir pada 31 Januari 2024 karena masalah royalti, kompensasi artis, dan isu artificial intelligence (AI).

    Akibatnya, musik dari artis Universal dihapus dari TikTok dan pengguna diberitahu bahwa lagu tersebut dihapus karena pelanggaran hak cipta. TikTok merespons tindakan UMG dengan kesedihan dan kekecewaan, menuding UMG mengutamakan keserakahan mereka di atas kepentingan artis dan penulis lagu yang mereka tangani.

    Saat ini belum ada tanggapan resmi dari TikTok atau UMG mengenai kembalinya lagu-lagu Taylor Swift ke platform tersebut. Namun, rencana perilisan album baru Taylor Swift, The Tortured Poets Department, yang dijadwalkan rilis pada 19 April telah diumumkan pada Februari 2024 setelah mendapatkan Piala Grammy ke-13.

    Source link