More

    Alice Walton, Wanita Terkaya yang Mengendarai Mobil Bekas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Ayo kenalan dengan Alice Walton. Pada tahun 2023, Forbes menempatkan Alice Walton di urutan kedua dalam daftar wanita terkaya di dunia, setelah Francoise Bettencourt Meyers.

    Berdasarkan data Forbes yang diperbarui per 16/4/2024, total kekayaan Alice mencapai US$ 72,1 miliar atau sekitar Rp 1.154 triliun (dengan asumsi kurs Rp 16.000/US$).

    Kekayaan utama Alice berasal dari bisnis keluarga Walton, yaitu Walmart. Walmart adalah perusahaan ritel terbesar dari segi pendapatan. Ada sekitar 10,500 gerai Walmart yang tersebar di seluruh dunia.

    Alice adalah anggota dinasti Walton dan merupakan putri tunggal dari Sam Walton, pendiri Walmart. Meskipun sangat kaya, Alice ternyata suka menggunakan mobil tua. Pada tahun 2017, ia diketahui mengendarai mobil Ford F-150 King Ranch keluaran tahun 2006 dengan harga sekitar US$40.000.

    Penggunaan mobil tua ini dia warisi dari ayahnya, Sam Walton, yang menggunakan mobil serupa versi 1979 hingga ia meninggal pada tahun 1992.

    Meskipun mewarisi kekayaan dari orangtuanya, Alice tidak terlibat secara langsung dalam bisnis keluarga seperti saudara-saudaranya, Jim dan Rob Walton. Alice lebih memilih untuk mengejar hobinya di bidang seni.

    Sejak usia 10 tahun, Alice telah menyisihkan uang untuk membeli lukisan Picasso berjudul ‘Blue Nude’. Saat ini, dia memiliki museum seni bernama Crystal Bridges Museum of American Art di kampung halamannya di Bentonville.

    Museum tersebut menyimpan koleksi seni termahal di dunia, termasuk karya-karya Andy Warhol dan Georgia O’Keefe dengan nilai puluhan juta dolar. Salah satu koleksi terkenalnya adalah Jimson Weed/White Flower No. 1, yang memecahkan rekor lukisan termahal yang pernah dijual oleh seorang wanita dengan harga US$44,4 juta pada tahun 2014.

    Source link