More

    Ini Rahasia Anak Pintar dari Ahli Stanford: Sekolah Tidak Perlu Mahal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak orang tua rela mengeluarkan uang banyak untuk menyekolahkan anak di sekolah mahal bergengsi internasional dengan harapan agar anak dapat tumbuh cerdas dan sukses di masa depan.

    Meskipun demikian, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa sekolah mahal adalah kunci kesuksesan. Maka, faktor apa yang sebenarnya memengaruhi kecerdasan dan kesuksesan anak?

    Direktur dan pendiri Summer Institute on Diversity di Center for Advanced Study in Behavioral Sciences di Stanford University, Mary C. Murphy, mengungkapkan bahwa cara terbaik untuk mendukung perkembangan otak dan pribadi anak adalah dengan membantu mereka mengadopsi pola pikir berkembang (growth mindset) sebanyak mungkin.

    Murphy menjelaskan, bahwa dengan memiliki pola pikir berkembang, seseorang akan percaya bahwa kemampuan belajar tidak terbatas. Sebaliknya, jika seseorang memiliki pola pikir tetap (fixed mindset), yaitu berpandangan bahwa bakat dan kemampuan seseorang sudah ditentukan sejak lahir dan tidak bisa diubah, maka individu tersebut akan merasa pasrah dan yakin bahwa tak ada yang bisa dilakukan untuk mengubah nasib.

    Menurut Murphy, cara terbaik untuk membantu anak agar sukses adalah dengan mendorong mereka untuk menerapkan pola pikir berkembang lebih sering. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat meningkatkan sikap, keterlibatan, dan kinerja anak-anak.

    Pentingnya mengajarkan growth mindset pada anak juga disuarakan oleh Carol Dweck, seorang ahli parenting dan penulis buku Mindset: The New Psychology of Success. Dweck mengatakan, “Jika orang tua ingin memberikan hadiah terbaik kepada anak, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengajarkan anak untuk menyukai tantangan, tertarik pada kesalahan, menikmati usaha, dan terus belajar.”

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    Ahli Saraf Finlandia Ungkap 2 Kegiatan yang Bikin Anak Pintar

    (hsy/hsy)

    Source link