More

    Konsumsi 5 Makanan Ini Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuhmu!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gaya hidup sehat merupakan kunci utama untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, aktivitas sehari-hari pun bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat Anda terapkan. Seorang profesor medis di Kansas Health Science Center, Michael S. Fenster, menyebutkan bahwa nutrisi yang tepat berperan dalam mendukung kerja sel-sel yang melindungi tubuh dari potensi racun. Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh memiliki nutrisi yang optimal, tubuh memulai respon yang efektif terhadap patogen dan lebih berhasil dalam memerangi peradangan kronis.

    “Usus adalah rumah bagi salah satu reservoir terbesar dari sistem kekebalan kita, dan nutrisi yang buruk dapat meningkatkan risiko infeksi dan mengubah pelindung usus yang dulunya protektif menjadi lemah,” kata Fenster. Berikut adalah beberapa makanan yang dipercaya para ahli dapat meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh seperti yang dilansir oleh Forbes:

    1. Makanan mengandung vitamin C
    Ketika membahas kesehatan dan kekebalan, salah satu vitamin pertama yang kebanyakan orang pikirkan adalah vitamin C. Vitamin ini dikenal karena kemampuannya untuk menangkal penyakit dan dapat membantu mempersingkat durasi pilek setelah terjangkit. Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin C dari berbagai makanan seperti jeruk, buah-buahan tropis, buah-buahan non-jeruk, dan sayuran.

    2. Makanan mengandung vitamin A
    Vitamin A dapat membantu tubuh melawan infeksi, terutama pada saluran pernapasan. Makanan yang kaya vitamin A termasuk keju alami, produk susu, telur, dan ikan berlemak.

    3. Makanan mengandung vitamin D
    Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat melindungi kita dari pilek dan flu. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari dan makanan seperti ikan berlemak, hati, dan kuning telur.

    4. Makanan mengandung vitamin B6
    Vitamin B6 bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan bisa didapatkan dari daging unggas, kacang tanah, kedelai, buncis, sayuran hijau, gandum, dan pisang.

    5. Makanan mengandung zinc
    Zinc adalah mikronutrien yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan virus dan bakteri. Zinc bisa didapatkan dari tiram, kepiting, daging sapi, buncis, kacang mete, dan kacang-kacangan lainnya.

    Artikel Selanjutnya:
    No. 1 Ada di Al-Qur’an, Ini 7 Makanan Bikin Panjang Umur

    (hsy/hsy)

    Source link