More

    Sampah di Tangsel Meningkat hingga 50 Ton Selama Libur Lebaran

    Tumpukan sampah di Pasar Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten semakin tinggi menggunung. Pasalnya, sampah tersebut sudah kurang lebih sepekan terakhir belum diangkut petugas kebersihan.

    Kondisi ini pun membuat resah pedagang dan warga yang melintas di kawasan Pasar Jombang. Tidak hanya menimbulkan bau busuk, tumpukan sampah yang meluber ke jalan ini juga mengganggu lalu lintas.

    Alfian Permana, salah satu warga mengatakan, tumpukan sampah sudah terlihat satu hari pasca-Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Sampai hari ini, atau sepekan kemudian, belum ada pengangkutan sampah yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel.

    “Sudah hampir seminggu enggak ada pengangkutan. Terakhir malam takbiran bersih memang, normal. Hari lebaran kedua sudah mulai banyak,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Rabu (17/4/2024).

    Menurutnya, sampah itu tidak hanya berasal dari dalam pasar, tetapi juga banyak masyarakat sekitar maupun luar kawasan yang membuang di situ. Namun yang pasti, tidak adanya pengangkutan sampah di Pasar Jombang membuat kondisinya semakin memprihatinkan.

    “Iya mungkin karena banyak yang buang juga warga. Mungkin juga karena enggak ada pengangkutan jadi numpuk. Sampahnya dari dalem pasar ada, dari masyarakat juga banyak pada ngelemparin aja,” katanya.

    Source link