More

    Crazy Rich Menguasai 50% Ekonomi Korea Selatan: Profil 5 Chaebol Terkemuka

    Jakarta, CNBC Indonesia – Di balik besarnya perekonomian Korea Selatan, ternyata ada perusahaan-perusahaan raksasa yang memiliki pengaruh besar dan mampu menentukan arah ekonomi negara. Sebagian besar perusahaan tersebut dipegang oleh keluarga konglomerat yang biasa disebut chaebol. Chaebol merupakan istilah yang digunakan di Korea Selatan untuk menggambarkan keluarga konglomerat yang menjalankan bisnis skala raksasa. Menurut laporan Korea Herald, chaebol paling berpengaruh di Korea saat ini adalah Samsung Group, yang dimiliki dan dipimpin oleh keluarga Lee. Samsung merupakan perusahaan teknologi raksasa yang memproduksi alat elektronik, mulai dari ponsel, televisi, tablet, kulkas, mesin cuci, hingga AC.

    Berikut adalah 5 chaebol paling powerful di Korea Selatan, menurut laporan Statista.
    – Keluarga pemilik Samsung
    – Keluarga pemilik SK Group
    – Keluarga pemilik Hyundai
    – Keluarga pemilik LG
    – Keluarga pemilik POSCO

    Konglomerasi mereka menyumbang hampir 53% dari total pendapatan grup bisnis besar di Korea Selatan, berdasarkan data per Mei 2023. Mereka yang terlahir di keluarga chaebol sudah menduduki jabatan eksekutif ketika menginjak usia pertengahan 30-an. Dan ketika mereka berusia awal 40-an, banyak dari para chaebol ini sudah menduduki posisi pimpinan perusahaan. Leaders Index menganalisis karier 199 anggota keluarga chaebol yang menjalankan 100 konglomerasi terkemuka di Korea Selatan. Total, ada 827 anggota keluarga pemilik yang saat ini bekerja di konglomerasi tersebut.

    Laporan Leaders Index menemukan bahwa mereka yang jadi pimpinan perusahaan atau lebih tinggi di chaebol bergabung dengan perusahaan pada usia rata-rata 28,9 tahun; menjadi eksekutif pada usia 34,3; dan presiden pada usia 42.1. Empat puluh dari mereka langsung menjadi eksekutif setelah bergabung dengan perusahaan, 19 di antaranya tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    1 dari 4 Wanita Muda Korsel Ternyata ‘Ogah’ Menikah, Kenapa?

    (hsy/hsy)

    Source link