More

    CFD Jakarta Kembali Dilaksanakan pada Hari Minggu, 21 April 2024

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) pada besok, Minggu (21/4/2024). CFD Jakarta akan kembali berlaku setelah sebelumnya ditiadakan selama libur Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

    Informasi mengenai kembalinya CFD Jakarta ini diumumkan melalui akun Instagram resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya @tmcpoldametro pada Sabtu (20/4/2024) malam.

    “Diberitahukan kepada Sobat Lantas yang ingin menyehatkan badan setelah liburan: HBKB tanggal 21 April (besok) akan diberlakukan kembali!” tulis akun @tmcpoldametro.

    Dengan demikian, kendaraan bermotor dilarang untuk melintas di kawasan CFD, seperti di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

    Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menghentikan HBKB atau CFD selama libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pada Minggu 7 April dan 14 April 2024.

    “Untuk mengikuti libur dan cuti bersama Idul Fitri 2024, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 7 dan 14 April 2024 ditiadakan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo seperti dilansir dari Antara.

    Syafrin menjelaskan bahwa keputusan ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

    Keputusan ini juga diatur dalam pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Pasal tersebut menyatakan bahwa pelaksanaan HBKB atau “Car Free Day” (CFD) dapat dibatalkan jika pada waktu yang sama diadakan acara (event) khusus, nasional, atau internasional yang memerlukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan khusus.

    Source link