More

    Sandiaga Uno Mengomentari Kematian Turis China yang Jatuh ke Kawah Ijen

    Menpariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno angkat bicara mengenai turis asal China yang tewas setelah terjatuh ke jurang di Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Jawa Timur. Sandi menyatakan rasa duka atas kejadian tersebut dan menegaskan bahwa Kemenparekraf akan menegur pengelola Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

    “Ini aspek keamanan yang harus kita utamakan, kita prioritaskan. Kami sangat prihatin dan akan memberikan imbauan tegas agar kejadian ini tak terulang,” kata Sandi dalam acara temu media ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’, Senin (22/4/2024).

    Menurut Sandi, Kawah Ijen merupakan tempat favorit bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang indah. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak untuk memprioritaskan keselamatan saat berwisata.

    “Blok sunrise Kawah Ijen ini merupakan spot yang sangat favorit. Jadi, mohon utamakan keselamatan, untuk wisatawan agar dipandu, dan dipastikan mengikuti aturan,” ujar Sandi.

    Kronologi kejadian bermula saat turis China itu berkunjung ke Kawah Ijen untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Setelah berfoto di tepi kawah, korban mundur untuk berfoto di dekat objek kayu tepat di belakangnya. Namun, saat berjalan mundur, kaki korban tersangkut rok panjang yang digunakan sehingga tergulung dan terjatuh ke jurang yang diperkirakan memiliki kedalaman 100 meter.

    Keterangan lebih lanjut dapat dibaca di CNN Indonesia.

    Source link