More

    Rahasia Panjang Umur Sang Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, Terungkap

    Pendiri Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia Mooryati Soedibyo meninggal pada Rabu (24/4/2024) di Jakarta. Mooryati meninggal pada usia 96 tahun.

    Melihat usianya yang hampir mencapai 100 tahun, tentu tidak mudah untuk mencapai usia seperti Mooryati. Ada banyak faktor yang mendukungnya, terutama gaya hidup sehari-hari.

    Mooryati pernah mengungkapkan rahasia umur panjangnya. Wanita asal Solo ini selama hidupnya dikenal aktif beraktivitas di usia senjanya dan selalu bersyukur.

    “Dengan mudahnya tetap awet muda dan sehat seperti saya. Kuncinya adalah tetap bersyukur dan selalu merasa bahagia. Jika sudah melakukannya, hati akan terasa ringan dan tidak mudah lelah,” kata Mooryati beberapa tahun lalu seperti dilansir detikcom, Jumat (26/4/2024).

    Selain itu, Mooryati juga sangat memperhatikan pola makanannya. Ia mengurangi konsumsi gula, garam, lemak, dan gandum berlebihan.

    Sebagai pendiri salah satu perusahaan besar di bidang jamu, ia juga mengakui bahwa konsumsi jamu secara rutin memberikan dampak besar bagi kesehatannya.

    Cucu Sri Susuhunan Paku Buwono X dari Keraton Surakarta itu mengakui bahwa jamu-jamuan menjadi kunci awet muda dan memiliki tubuh bugar meski tidak lagi muda.

    Mooryati juga memastikan untuk istirahat yang cukup dan tetap melakukan olahraga ringan di sela-sela aktivitas padatnya. Dengan berolahraga, ia meyakini tubuh tidak hanya mengeluarkan racun tetapi juga memproduksi hormon-hormon yang memberikan efek rasa bahagia.

    Jika ingin memasuki masa tua dengan tubuh yang sehat, maka kebiasaan sehat harus dilakukan sejak muda. Namun, sayangnya, menurutnya kondisi perkotaan saat ini ‘memaksa’ penghuninya untuk tidak hidup sehat.

    Hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih dan segera melakukan perubahan agar masa tua tetap sehat.

    Source link