More

    Siomay Indonesia Menjadi Street Food Terbaik No. 1 di Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Baru-baru ini, laman panduan makanan terkemuka, Taste Atlas, merilis daftar “100 Makanan Jalanan Terbaik di Dunia” pada 15 April 2024 lalu. Dalam daftar tersebut, Taste Atlas memberikan peringkat untuk masing-masing jajanan khas dari berbagai negara dan mengurutkannya sebagai yang terbaik di dunia.

    Ternyata, Siomay dari Indonesia dinobatkan sebagai jajanan terenak alias nomor satu di dunia. Siomay ini dideskripsikan sebagai pangsit ikan kukus, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semuanya disajikan di atas piring, dipotong kecil-kecil, dan ditaburi saus kacang pedas.

    Tidak hanya Siomay, Pempek khas Palembang juga berhasil masuk ke dalam lima besar jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas. Makanan yang menempati posisi keempat ini berbahan dasar ikan tenggiri dan disajikan dengan cuko.

    Menurut Taste Atlas, munculnya pempek bermula dari para warga Palembang pada zaman dahulu yang telah bosan dengan sajian ikan goreng atau bakar yang biasa. Inovasi baru pun muncul dengan menggiling daging ikan dan mencampurkannya dengan tepung tapioka.

    Di samping makanan khas Indonesia, daftar 20 besar jajanan terenak di dunia ini juga didominasi oleh makanan khas Meksiko, terutama berbagai jenis Tacos.

    Berikut adalah daftar lengkap 20 jajanan terenak di dunia versi Taste Atlas:
    1. Siomay (Indonesia)
    2. Pastel de nata (Portugal)
    3. Kuotie (China)
    4. Pempek (Indonesia)
    5. Tacos (Meksiko)
    6. Carnitas (Meksiko)
    7. Banh mi (Vietnam)
    8. Pierogi (Polandia)
    9. Carne asada tacos (Meksiko)
    10. Gringas (Meksiko)
    11. Tacos al pastor (Meksiko)
    12. Esquites (Meksiko)
    13. Cochinita pibil (Meksiko)
    14. Roti Canai (Malaysia)
    15. Shengjian mantou (China)
    16. Batagor (Indonesia)
    17. Antojitos (Meksiko)
    18. Tacos gobernador (Meksiko)
    19. Amritsari kulcha (India)
    20. Garantita (Aljazair)

    [Video CNBC]

    (hsy/hsy)

    Source link