More

    Pertandingan Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 Indonesia Melawan Irak

    Indonesia harus gagal ke final Piala Asia U-23 setelah ditekuk Uzbekistan dengan skor 2-0

    Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia akan menghadapi Irak dalam perebutan peringkat 3 Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB. Selain menjadi penentu tim terbaik ketiga di Asia untuk kelompok usia U-23, laga itu juga menentukan peraih tiket ketiga Olimpiade 2024 Paris dari zona Asia.

    Seperti diketahui, dua tiket pertama telah disegel Uzbekistan dan Jepang yang akan bertemu dalam partai final Piala Asia keesokan hari. Pemenang partai ini akan bergabung dengan Grup B yang berisi Argentina, Maroko, dan Ukraina.

    Sedangkan tim yang kalah dalam pertandingan ini harus menjalani play-off menghadapi wakil Afrika, Guinea. Pemenang partai itu kemudian akan bergabung ke dalam Grup B yang berisi tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

    Jelang laga, situasi Indonesia dalam kondisi terbaik. Walaupun Marselino Ferdinan dan kawan-kawan harus gagal melangkah ke final usai dibekap Uzbekistan dua gol tanpa balas, Senin (29/4/2024) malam.

    “Saya percaya dengan diri saya dan para pemain. Kami semua yakin bisa menuju ke olimpiade dan para pemain siap mental untuk target ini,” ujar Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) seperti dilansir detik.com, Rabu (1/5/2024).

    Wing back Rio Fahmi bilang kalau tiket olimpiade akan menghadirkan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal itu tentu akan menjadi sejarah bagi tanah air.

    “Kami ingin memberikan segalanya untuk rakyat Indonesia,” kata Rio.

    Seperti diketahui, terakhir kali Indonesia lolos ke olimpiade pada tahun 1956. Ketika itu, pesta olahraga terbesar di dunia itu digelar di Melbourne, Australia.

    Dalam pertandingan nanti, STY akan menurunkan seluruh pemain terbaiknya, termasuk bomber Rafael Struick. Pahlawan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di babak perempat final itu memang absen ketika Garuda Muda disingkirkan Uzbekistan.

    Namun demikian, kapten sekaligus bek tengah Rizky Ridho, harus absen akibat terkena kartu merah ketika menghadapi Uzbekistan di fase empat besar. Komang Teguh kemungkinan besar akan tampil menggantikan Rizky.

    Di sisi lain, Pelatih Irak Radhi Shanaishil mengaku sudah mengamati Indonesia sejak awal Piala Asia U-23. Dia menilai Indonesia sebagai tim yang sangat bagus dan sangat berkembang.

    “Saya menaruh hormat kepada mereka. Entah itu pemain mereka yang bermain di Indonesia maupun pemain yang bermain di tim-tim Eropa,” ujar Shanaishil dalam keterangan pers seperti dikutip detik.com, Rabu (1/5/2024).

    Kendati demikian, dia optimistis dengan kekuatan Irak yang memiliki tim yang bagus pula. Para pemain juga dalam kondisi termotivasi disertai kemampuan fisik yang mumpuni.

    “Yang kami perlukan untuk mendapatkan hasil yang baik adalah fokus,” kata Shanaishil.

    Source link