More

    Gaji Profesi Teratas di Indonesia, Apakah Anda termasuk di dalamnya?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja menyelesaikan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) untuk periode Februari 2024. Survei ini menunjukkan kondisi tenaga kerja hingga rata-rata gaji yang diterima buruh di Indonesia.

    Dikutip berdasarkan data BPS, Kamis (9/5/2024), rata-rata gaji buruh Indonesia per Februari 2024 adalah sebesar Rp3,04 juta. Berdasarkan profesinya maka yang bekerja di sektor keuangan dan asuransi mendapatkan gaji lebih besar.

    Buruh pada kategori Aktivitas Keuangan dan Asuransi menerima gaji tertinggi sebesar Rp 5,15 juta, sedangkan buruh pada kategori Aktivitas Jasa Lainnya menerima upah terendah sebesar Rp1,74 juta.

    Data BPS juga menunjukkan upah buruh laki-laki lebih tinggi dibandingkan upah buruh perempuan. Namun, terdapat enam kategori lapangan usaha di mana upah buruh perempuan lebih tinggi dibandingkan upah buruh laki-laki, yaitu kategori Aktivitas Keuangan dan Asuransi; Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin; Informasi dan Komunikasi; Real Estat; Aktivitas Profesional dan Perusahaan; dan Konstruksi.

    Selengkapnya bisa disimak pada gambar berikut:

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya
    Gaji Gibran Jadi Wali Kota Solo, Ternyata Cuma Segini Per Bulan

    (mij/mij)

    Source link