More

    8 Tips untuk Hidup Panjang dari Dokter yang Menyandang Usia Nyaris Seratus Tahun

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sudah tidak lagi menjadi rahasia umum bahwa Jepang menempati peringkat pertama dalam harapan hidup di antara semua negara di dunia. Hal ini membuat banyak orang di seluruh dunia penasaran, apa rahasia panjang umur mereka.

    Reizo, seorang warga Osaka yang juga seorang ahli jantung berusia 95 tahun, mengakui bahwa ia hidup bahagia dan sehat meskipun sudah berusia hampir satu abad. Siapa yang menyangka, kakek ini memiliki delapan rutinitas yang diyakini membuatnya hidup panjang.

    Berikut delapan rutinitas rahasia panjang umur ala ahli jantung asal Jepang tersebut.

    1. Rutin Jalan Pagi
    Mika Cribbs, cucu dari kakek tersebut, menceritakan bahwa setiap hari kakek dan neneknya selalu bangun pagi. Mulai pukul 5 pagi, keduanya sudah mulai berjalan-jalan di sekitar rumah selama 30 menit hingga satu jam dengan total 7 ribu langkah.

    2. Rutin Berolahraga Ringan
    Setelah berjalan, kakek dan nenek Cribbs melanjutkan aktivitasnya dengan berolahraga ringan, seperti peregangan, serta latihan kekuatan dan keseimbangan.

    3. Merawat Hubungan dengan Orang Tercinta
    Setelah berolahraga, kakek dan nenek Cribbs selalu menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan keluarga melalui media sosial guna meningkatkan kesejahteraan emosional.

    4. Menulis
    Kakek tersebut menyempatkan waktu setiap hari untuk menuliskan pemikiran, pengalaman, dan pandangannya di blog sejak tahun 2014.

    5. Menikmati Seni dan Berkarya
    Kakek tersebut juga mengekspresikan diri melalui seni, seperti melukis, setiap harinya.

    6. Mengeksplorasi Hobi Baru
    Selama pandemi, kakek tersebut mulai menggali hobi baru seperti berkebun dan memainkan alat musik baru.

    7. Rutin Tidur Siang
    Kakek dan nenek Cribbs selalu tidur siang untuk mengisi ulang energi mereka.

    8. Selalu Mengonsumsi Makanan Enak
    Makanan enak seperti daging, keju, dan minuman anggur menjadi bagian dari rahasia panjang umur dan kebahagiaan orang Jepang.

    Masyarakat Jepang memegang konsep “ikigai” atau “sense of purpose” sebagai pedoman utama untuk kesehatan dan kebahagiaan yang baik. Hal terpenting adalah menemukan tujuan hidup dan mengejarnya dengan hati-hati, niat, serta kebahagiaan.

    Source link