More

    Profil Oxford United, Klub yang Dipimpin oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie yang Berhasil Naik Kasta

    Klub sepak bola milik Erick Thohir dan Anindya Bakrie, Oxford United, telah berhasil meraih promosi ke kasta kedua Liga Inggris, Championship melalui babak playoff League One. Ini menjadi kali pertama bagi Oxford setelah lebih dari dua dekade berkompetisi di bawah kasta kedua tersebut.

    Oxford United berhasil naik kelas setelah memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 melawan Bolton Wanderers di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Sabtu (19/5/2024) waktu setempat. Dalam klasemen reguler, Oxford United finis di peringkat kelima dengan raihan 77 poin.

    Dengan kemenangan tersebut, pelatih Oxford United, Des Buckingham, mencatatkan sejarah bagi klub dengan mengantarkannya kembali berkompetisi di Championship setelah 25 tahun absen. Oxford United terdegradasi dari Championship pada musim 1998/1999.

    Oxford United adalah klub yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Erick Thohir dan Anindya Bakrie sejak September 2022. Erick dan Anindya mengambil alih mayoritas saham dari pengusaha Thailand, Sumrith Thanakarnjanasuth, yang kini menjadi pemilik saham minoritas.

    Oxford United bukanlah klub baru di Inggris, melainkan klub tua yang sudah berdiri sejak 1893. Klub ini pernah bermain di kasta tertinggi Inggris, yakni First Division pada era 1980-an. Selain itu, Oxford juga berkompetisi di kasta kedua, ketiga, dan keempat.

    Pada musim 1984/1985, Oxford United menjadi juara Divisi Dua. Klub ini juga pernah menjadi juara Piala Liga pada 1986.

    Source link