More

    Hati-Hati, Ini 10 Ciri-Ciri Awal Seseorang Terkena Kolesterol Tinggi


    Jakarta, CNBC Indonesia – Kolesterol tinggi kerap kali tidak menimbulkan gejala. Hanya saja jika diabaikan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

    Ternyata ada sejumlah tanda-tanda awal seseorang mengalami kolesterol tinggi yang mirip dengan kondisi medis lain. Untuk itu, waspadailah ciri-cirinya berikut ini:

    1. Mudah lelah dan mengantuk
    Lelah dan ngantuk berawal dari alirah darah yang tidak mengalir sempurna ke seluruh organ sehingga kinerja tubuh menurun. Kondisi ini awalnya terjadi oleh beberapa faktor di samping kolesterol tinggi, misalnya kurang tidur atau anemia. Mudah lelah dan mengantuk dapat menghambat aktivitas dan menjadi ciri awal kolesterol tinggi.

    2. Sesak napas
    Sesak napas juga dapat menjadi ciri awal kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan adanya plak di arteri jantung yang membuat pasokan darah pembawa oksigen dalam sistem pernapasan jadi berkurang. Akibatnya, kadar oksigen dalam tubuh menurun dan munculah gejala sesak napas yang dirasakan.

    3. Nyeri otot kaki dan pegal-pegal
    Melansir dari Times of India, nyeri pada kaki dapat menjadi ciri-ciri kolestrol tinggi. Tak hanya sekedar pegal-pegal biasa. Anda mungkin juga merasakan sakit kaki yang sangat intens, bahkan memberi sensasi terbakar.

    Hal ini disebabkan adanya penumpukan plak di arteri tungkai dan kaki yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah, seperti Penyakit Arteri Perifer (PAD).
    Aktivitas fisik yang berat membuat kondisi ini kian menyakitkan. Bahkan pada kasus yang serius, nyeri otot kerap kali berulang di sela waktu tertentu. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah klaudikasio intermiten.

    4. Kuku menebal
    Jika Anda mengalami penebalan kuku kaki, waspadalah. Hal ini dapat menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi. Penebalan kuku kaki disebabkan oleh memburuknya sirkulasi darah akibat penyempitan arteri.

    Penyempitan arteri ini membuat kuku kaki tumbuh lebih lambat, menebal, berubah bentuk, atau warna (kuku distrofi).

    5. Pelemakan hati
    Melansir dari laman resmi Kementrian Kesehatan RI, hati yang dipenuhi lemak berkadar tinggi dapat menjadi indikasi kolesterol tinggi. Hal ini ditandai dengan keluhan berupa rasa tidak nyaman, begah, dan mual.

    Sebagai organ filter, hati menyaring segala toksin, termasuk lemak, dalam darah untuk dikeluarkan melalui urine. Namun, kadar lemak di atas normal dapat menyebabkan fungsi hati terganggu.

    6. Berat badan naik
    Naiknya berat badan secara signifikan dan terus menerus dapat menjadi pertanda kolesterol tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat. Tak hanya kolesterol, berat badan yang terus melonjak akan menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko diabetes.

    7. Nyeri dada
    Selain sesak napas, gejala pernapasan lain yang menjadi pertanda kolesterol tinggi adalah nyeri dada. Arteri yang tersumbat menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan sempurna ke jantung. Akibatnya, penerimaan oksigen akan berkurang dan kinerja organ vital lain menurun.

    8. Disfungsi ereksi
    Ciri kolesterol tinggi dapat dilihat dari menurunnya gairah seksual. Kolesterol yang tinggi dapat mempengaruhi kesehatan seksual penderitanya. Kondisi ini disebut impotensi, yaitu keadaan di mana aliran darah ke penis tidak cukupi dan lambat laun menurunkan gairah seksual.

    9. Sering kesemutan
    Kesemutan atau mati rasa umumnya terjadi ketika bagian tubuh terhimpit karena postur duduk atau berdiri yang tidak benar. Namun, ternyata kesemutan juga dipicu oleh trigliserida (lemak) dan kolesterol tinggi. Jika Anda sering merasa kesemutan, hal ini dapat menjadi ciri kolesterol tinggi.

    10. Xanthoma
    Xanthoma adalah gejala unik dari kolesterol yang biasanya muncul di permukaan kulit, termasuk mata, lutut, atau siku. Masalah kulit ini ditandai dengan benjolan-benjolan kecil mirip papula yang lembut dan berisi timbunan lemak. Munculnya Xanthoma pada kulit menjadi indikasi kolesterol tinggi.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Simak 3 Cara Makan Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Tinggi

    (miq/miq)


    Source link