More

    7 Cara Atasi Batuk Berdahak Secara Alami, Apa Saja?


    Jakarta, CNBC Indonesia – Meski terkesan sebagai penyakit ringan, batuk sering kali menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu, mulai dari ISPA, alergi, asma, hingga kanker paru-paru.

    Salah satu jenis batuk yang kerap menyerang adalah batuk berdahak. Jenis batuk ini umumnya terjadi terutama pada musim penghujan, yang rentan membuat seseorang terjangkit flu atau pilek.

    Ada beberapa cara alami mengatasi batuk alami. Berikut adalah bahan alami obat batuk yang praktis melansir Medical News Today.

    1. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat di dalamnya. Kunyit mengandung curcumin, yakni senyawa yang dikenal dengan sifat antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan lendir di dalam paru-paru.

    Anda hanya perlu mengancurkan dan menghaluskan kunyit, lalu mencampurkannya ke dalam secangkir susu hangat. Minumlah dua kali sehari untuk meredakan batuk.
    Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke dalam susu karena akan membantu meredakan batuk dan membersihkan dahak.

    2. Pelembap udara
    Faktor lingkungan juga menjadi salah satu penyebab batuk berdahak. Maka dari itu, sebaiknya hindari menghirup udara kering terutama pada malam hari karena tenggorokan kering akan lebih mudah teriritasi.

    Dengan menggunakan pelembap udara di area sekitarmu misalnya kamar atau ruang tamu dapat membantu dahak menjadi lebih encer dan mudah keluar dari paru-paru.

    3. Berkumur dengan Air Garam
    Ternyata air garam dapat membantu meredakan batuk berdahak. Air garam dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu membersihkan sisa lendir.

    Anda bisa menambahkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali dalam sehari.

    4. Kayu putih
    Kayu putih dapat digunakan untuk meredakan batuk serta mengurangi lendir yang ada di dalam paru-paru. Anda bisa melakukannya dengan menambahkan beberapa tetesan kayu putih dan usap pada bagian dada secara perlahan.

    Selain itu, Anda juga bisa memasukkan beberapa tetes kayu putih ke dalam diffuser jika Anda memilikinya.

    5. Mandi Air Hangat
    Saat Anda terkena batuk sebaiknya Anda mandi menggunakan air hangat, Anda juga bisa menghabiskan waktu di dalam kamar mandi yang dipenuhi uap karena akan membantu mengencerkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan. Berada di dalam ruangan uaphangat dapat membantu meredakan sinusitis.

    6. Perbanyak minum
    Sangat penting menjaga tubuh Anda agar tetap terhidrasi karena batuk sepanjang hari dapat membuat tenggorokanmu terasa kering. Perbanyaklah minum air putih atau minuman hangat pun dapat membantu mengencerkan lendir dan membuat tenggorokan terasa lega.

    7. Peppermint
    Ambilah beberapa helai daunnya, peppermint mengandung mentol sehingga membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Caranya dengan merebus beberapa helai daun peppermint lalu dekatkan uapnya ke arah hidung dan hirup secara perlahan.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Data Kemenkes: Lebih dari 700 Ribu Orang RI Menderita Ginjal Kronis

    (miq/miq)


    Source link