More

    Catat, 5 Makanan Ini Bikin Bad Mood Saat Lagi Emosi


    Jakarta, CNBC Indonesia – Makanan yang kita santap bakal berpengaruh terhadap kehidupan dan aktivitas kita sehar-hari. Dalam jangka panjang, apa yang kita konsumsi saat ini akan berpengaruh terhadap kondisi fisik kita dalam beberapa tahun mendatang.

    Karenanya ada beberapa makanan yang berpotensi membuat kita cenderung lebih mudah emosi, bahkan bisa membuat bad mood saat sedang emosi.

    Dilansir Times of India, berikut makanan tersebut:

    1. Makanan Olahan dan Makanan Manis

    Makanan olahan yang tinggi gula dapat menyebabkan fluktuasi terhadap kadar gula dalam darah. Hal ini bisa memicu perubahan mood dan gampang tersinggung.

    2. Kafein yang Berlebihan

    Terlalu banyak mengonsumsi kafein kerap dikaitkan dengan perasaan gelisah, ansietas, dan bahkan gampang marah. Kafein juga dapat merusak siklus tidur, sehingga meningkatkan level stres.

    Padahal bag sebagian orang, menenggak secangkir kopi di pagi hari mungkin menjadi kebiasan yang tidak bisa dilewatkan. Kendati demikian, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif terhadap fisik dan suasana hati.

    3. Alkohol

    Alkohol dapat mengganggu keseimbangan neurotransmitter di otak, sehingga memengaruhi kesejahteraan emosional. Karena itu, batasi atau hindari konsumsi minuman beralkohol untuk membantu mempertahankan mood yang positif.

    Meskipun minuman beralkohol kerap dipandang sebagai minuman ‘penenang’ yang bisa membuat rileks. Faktanya, minuman beralkohol dapat dengan mudah memicu iritabilitas dan perubahan mood.

    4. Makanan Berlemak

    Lemak trans dan lemak jenuh yang ada pada gorengan dan makanan olahan dapat berdampak buruk terhadap suasana hati dan kesehatan mental. Lemak dapat memicu peradangan di dalam tubuh. Hal ini berdampak pada fungsi otak, sehingga dapat menyebabkan iritabilitas.

    5. Keripik Asin

    Asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan potensi mood swing. Selain itu, kandungan natrium pada garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, sehingga dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

    [Gambas:Video CNBC]

    (haa/haa)


    Source link