More

    Sosok Nenek Usia 102 Tahun yang Masih Kerja di Fitness & Spa


    Jakarta, CNBC Indonesia – Deborah Szekely, wanita berusia 102 tahun, masih bekerja tiga hari seminggu di sebuah fitness dan spa yang ia dirikan bersama suaminya pada tahun 1940.

    Fitness dan spa milik Deborah, Rancho La Puerta, didirikan di Meksiko pada masa selama Perang Dunia II. Saat itu, dia dan suaminya, Edmond, sedang menghadapi masa-masa sulit.

    “Kami tidak punya uang. Yang terjadi adalah perang. Padahal, suami saya dijadwalkan pergi ke Inggris setelah kami menikah,” kata Deborak kepada CNBC Make It. Tetapi kemudian terjadilah perang dan visa Edmond di AS telah habis masa berlakunya.

    “Edmond dikabari bahwa dia harus meninggalkan Amerika sebelum 1 Juni atau dikembalikan ke negara asalnya,” kata situs resor tersebut.

    Pasangan itu lalu melakukan perjalanan ke Meksiko. Edmond, seorang peneliti dan profesor kesehatan terkenal, berusaha memperbarui visa Amerikanya, tetapi tidak berhasil. Keduanya akhirnya menetap di Meksiko. 

    Edmond dan Deborah lalu menyewa gudang penyimpanan dan mulai membangun Rancho La Puerta dengan fokus pada kesehatan dan kebugaran melalui makanan vegetarian dan kelas olahraga.

    Selama bertahun-tahun, Deborah menjalankan banyak peran, mulai dari kepala juru masak, manajer umum, dan direktur aktivitas.

    Rahasia panjang umur Deborah

    Selama menjalankan resort tersebut, Deborah membantu merawat kebun yang menyediakan makanan segar untuk para tamu. Kegiatan berkebun inilah yang diyakini menjadi salah satu rahasia umur panjang Deborah. Apalagi, berkebun juga menjadi aktivitas yang umum di kalangan para centenarian (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) di “Zona Biru”.

    Kini, Rancho La Puerta dipimpin oleh putri Deborah, Sarah Livia Brightwood. Meski begitu, Deborah masih banyak terlibat dalam operasional fitness dan spa.

    “Kami memiliki pembicara yang luar biasa setiap malam. Saya bertemu dengan para narasumber [setiap] hari Selasa, jadi saya tahu apa yang dibicarakan tamu saya,” kata Deborah.

    Dia juga sering menjadi pembicara tamu di acara lain di luar resortnya.

    Orang yang berusia 100 tahun sering kali dikenal memiliki hubungan sosial yang baik dan cenderung sering menjalin persahabatan baru.

    Deborah juga selalu ingin belajar dan tertarik pada hal-hal baru. “Hal yang utama adalah: Belajarlah,” ujarnya.

    “Saya membaca semuanya. Saya membaca hal-hal yang menarik minat saya.”

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    5 Manfaat Makan Pedas untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur

    (hsy/hsy)


    Source link