More

    Grebeg Suro Momentum Budaya Ponorogo Dikenal di Kancah Internasional

    Ponorogo (beritajatim.com) – Perayaan Grebeg Suro pada tahun 2024 ini, dimanfaatkan betul oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo untuk mengenalkan budayanya ke kancah dunia internasional. Momentum ini dipersiapkan sebagai wahana untuk mengangkat martabat budaya Ponorogo di mata internasional.

    Kegiatan di dalam Grebeg Suro nanti pun dirancang juga melibatkan orang-orang dari berbagai negara. Salah satunya dengan menghadirkan pertunjukan Reog Ponorogo dari manca negara. “Grebeg Suro telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya Ponorogo,” kata Bupati Sugiri Sancoko, Rabu (29/05/2024).

    Oleh karena itu, Pemkab Ponorogo memandang penting pelaksanaan acara yang akan berlangsung dari tanggal 27 Juni hingga 6 Juli 2024 itu. Sebab Grebeg Suro sebagai wadah untuk mempromosikan kekayaan budaya di Ponorogo. Ia meyakini seperti pelaksanaan sebelum-sebelumnya,  rangkaian acaranya akan menyedot ribuan orang untuk datang ke venue utama yakni di Alun-alun Ponorogo.

    Grebeg Suro tahun 2024 ini, tidak hanya akan menampilkan acara rutin seperti Expo, Festival Reog Remaja, dan Festival Nasional Reog Ponorogo, tetapi juga akan menghadirkan pertunjukan reog dari manca negara. Rencananya akan ada belasan acara untuk memeriahkan rangkaian Grebeg Suro tahun ini.

    Kang Giri sapaan akrabnya berharap perhelatan ini bisa menjadi wahana untuk mengangkat martabat budaya Ponorogo di mata internasional. Dia meminta tim pelaksana acara Grebeg Suro untuk merancang konsep penyajian yang teliti dan berbeda, agar acara tahun ini memiliki kesan yang mendalam dan berdaya tarik tinggi. “Reog Ponorogo diharapkan bisa menambah koleksi Warisan Budaya Takbenda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) yang diakui oleh UNESCO,” ujarnya.

    Dengan demikian, fokus audiens Grebeg Suro 2024 tidak hanya skala nasional tetapi juga internasional. Orang nomor 1 di Ponorogo itu menegaskan bahwa keberhasilan menarik perhatian global terhadap kekayaan budaya Ponorogo, tentu akan meningkatkan posisi Ponorogo dalam peta pariwisata budaya dunia.

    Sebab, tidak hanya meriah, pelaksanaan Grebeg Suro juga penuh dengan makna dan prestasi. Di mana hal itu ke depan akan mengangkat nama Ponorogo naik ke panggung dunia. “Saya yakin festival budaya tahunan ini menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Ponorogo dan Indonesia,” pungkasnya. (end/kun)

    Source link