More

    Jadwal Lebaran Idul Adha 2024 di Indonesia dan Arab Saudi


    Jakarta, CNBC Indonesia – Dalam waktu dekat, umat Muslim seluruh dunia akan merayakan Idul Adha. Idul Adha biasanya akan diawali dengan pelaksanaan sholat Idul Adha bersama di masjid-masjid atau lapangan terbuka, lalu diikuti dengan penyembelihan hewan kurban, sebagaimana dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS.

    Tahun ini, Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada bulan Juni. Lantas, kapan Hari Raya Idul Adha 2024?

    Di Indonesia, Idul Adha ditetapkan pada Senin, 17 Juni 2024 oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) dari tiga menteri tentang cuti bersama dan libur nasional tahun 2024. Sementara untuk cuti bersama Idul Adha ditetapkan satu hari setelahnya yakni pada Selasa, 18 Juni 2024.

    Meski pemerintah telah menetapkan kapan Idul Adha, kepastian tanggalnya akan diumumkan secara resmi melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI.

    Untuk Arab Saudi sendiri belum menetapkan secara pasti tanggal perayaan Idul Adha 2024. Namun, astronom memprediksi Idul Adha jatuh pada Minggu, 16 Juni 2024, dilihat dari prediksi hari Arafah.

    Mengutip Gulf Business, para astronom memperkirakan hari Arafah kemungkinan besar jatuh pada Sabtu, 15 Juni 2024. Dengan demikian, hari berikutnya akan memasuki Hari Raya Idul Adha.

    Pemerintah Saudi sendiri telah menugaskan pihak terkait untuk melihat hilal pada 6 Juni 2024. Jika hilal sudah terlihat maka 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada 7 Juni 2024, dengan demikian maka hari ke-10 Zulhijah dirayakan pada 16 Juni 2024.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Jadwal Misa Rabu Abu di Jabodetabek untuk Umat Katolik

    (hsy/hsy)


    Source link