More

    Sering Haus Padahal Sudah Minum? Waspada Tanda Penyakit Serius

    Jakarta, CNBC Indonesia – Rasa haus merupakan hal alami. Hal ini terjadi karena Anda kekurangan cairan dari dalam tubuh. Namun, bila rasa haus ini timbul terus-menerus meski sudah minum, bisa jadi itu tanda adanya masalah kesehatan.

    Dalam istilah medis, rasa haus yang tidak bisa hilang itu disebut polidipsia. Berikut adalah beberapa penyebab Anda selalu merasa haus melansir WebMD.

    1. Dehidrasi

    Dehidrasi berarti tubuh Anda tidak memiliki cukup air untuk melakukan fungsinya secara normal, dan rasa haus adalah gejala utamanya. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti olahraga, diare, muntah, dan terlalu banyak berkeringat.

    Selain menginginkan air, tanda-tanda dehidrasi lainnya bisa berupa:

    • Urine berwarna gelap
    • Jarang buang air kecil
    • Mulut kering
    • Kulit kering
    • Merasa lelah atau pusing
    • Sakit kepala

    Anak-anak yang mengalami dehidrasi mungkin memiliki tanda yakni:

    • Memiliki sedikit atau tidak ada air mata ketika mereka menangis
    • Memiliki mulut yang kering dan lengket
    • Jarang buang air kecil
    • Menjadi rewel atau lamban

    2. Diabetes

    Rasa haus yang tak bisa dipuaskan, yang oleh dokter disebut polidipsia, adalah salah satu gejala diabetes. Ketika Anda menderita penyakit ini, tubuh Anda tidak memproduksi cukup hormon insulin atau tidak menggunakannya dengan benar. Kondisi ini menyebabkan terlalu banyak gula (disebut glukosa) menumpuk di tubuh Anda.

    Glukosa dalam urin Anda menarik lebih banyak air, sehingga Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini membuat tubuh Anda ingin mengganti cairan yang hilang.

    Seiring dengan rasa haus dan lebih sering ke kamar kecil, gejala diabetes lainnya meliputi penglihatan kabur, merasa sangat lelah, kelaparan, luka dan memar yang lambat sembuh

    3. Diabetes insipidus

    Terlepas dari namanya, kondisi ini tidak berhubungan dengan diabetes. Ini terjadi ketika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup hormon yang membantu ginjal mengontrol jumlah air dalam tubuh Anda. Rasa haus yang berlebihan adalah salah satu gejala utamanya.

    Jika Anda menderita diabetes insipidus, Anda mungkin juga menderita dehidrasi dan sering buang air kecil.

    4. Mulut kering

    Mulut yang terasa sangat kering bisa membuat Anda haus. Biasanya hal ini terjadi karena kelenjar di mulut Anda menghasilkan lebih sedikit air liur.

    Anda mungkin tertular penyakit ini karena obat-obatan yang Anda minum, pengobatan untuk kondisi lain seperti kanker, penyakit seperti sindrom Sjogren, kerusakan saraf di kepala dan leher, atau penggunaan tembakau.

    Jika kelenjar Anda tidak menghasilkan cukup air liur, Anda mungkin mengalami gejala lain, seperti:

    • Bau mulut
    • Perubahan rasa
    • Gusi yang teriritasi
    • Air liur kental dan berserabut
    • Kesulitan mengunyah

    5. Anemia

    Anemia berarti tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Beberapa orang dilahirkan dengan penyakit ini, sementara yang lain mendapatkannya di kemudian hari. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, antara lain penyakit, pola makan yang buruk, atau pendarahan hebat.

    Anemia ringan mungkin tidak akan membuat Anda haus, namun Anda mungkin akan merasa ingin lebih banyak air jika kondisinya semakin parah.

    Gejala lainnya meliputi:

    -Pusing

    -Merasa lelah dan lemah

    -Memiliki kulit pucat atau kekuningan

    -Denyut nadi cepat

    -Berkeringat

    6. Hiperkalsemia

    Hiperkalsemia berarti kadar kalsium dalam darah Anda di atas normal. Penyebabnya antara lain kelenjar paratiroid yang terlalu aktif (hiperparatiroidisme), penyakit lain (tuberkulosis, sarkoidosis), dan bahkan kanker (paru-paru, payudara, ginjal, multiple myeloma). Selain rasa haus, gejala hiperkalsemia mungkin termasuk:

    -Lebih sering buang air kecil

    -Sakit perut

    -Mual dan muntah

    -Sembelit

    -Nyeri tulang dan kelemahan otot

    -Masalah otak: Kebingungan, kelelahan, dan depresi

    Cara atasi rasa haus

    Jawabannya tergantung apa yang membuat Anda begitu haus. Minum lebih banyak air sejak anda bangun pagi. Namun jika Anda tidak dapat memuaskan keinginan Anda untuk mengonsumsinya, bicarakan dengan dokter Anda.

    Apa pun penyebabnya, jangan dibiarkan begitu saja. Sebagian besar kondisi yang menyebabkan rasa haus dapat diobati.

    [Gambas:Video CNBC]

    (hsy/hsy)


    Source link