More

    Kartar Kecamatan Tulangan Kuatkan Karakter dengan LDK

    Sidoarjo (beritajatim.com) – Guna memperkuat karakter kepribadian generasi muda, Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Tulangan menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di aula Kecamatan Tulangan Minggu (9/6/2024).

    Hadir dalam LDK tersebut, Kepala Dinas Sosial Ahmad Misbahul Munir, Camat Tulangan Asmara Hadi, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Abdul Mughis, dalam tamu lainnya.

    Acara LDK ini kerjasama Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo dengan Kartar Kecamatan Tulangan selama dua hari dan diikuti oleh 50 peserta dari unsur keterwakilan karang taruna desa se-Kecamatan Tulangan.

    Di sambutan pembukaan, Camat Tulangan Asmara Hadi meminta karang taruna turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemerintah, terlebih dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan harus kreatif.

    “Karang taruna bisa turut serta mengantisipasi dan menanggulangi permasalahan sosial ditengah-tengah masyarakat serta turut mengembangkan potensi kepemudaan,” katanya.

    Ketua Kartar Kabupaten Sidoarjo Abdul Mughis, menyeruhkan agar karang taruna ini solid dan mampu menjadi solusi atas problematika sosial yang ada di masyarakat.

    Lanjut dia, dengan adanya LDK ini salah satu tujuannya adalah peningkatan kualitas SDM. Selain itu kegiatan ini merupakan bagian dari proses kaderisasi di internal karang taruna. “Kegiatan ini untuk
    memperkuat karakter kepribadian,” sebutnya.

    Peserta LDK dari Karang Taruna Kecamatan Tulangan

    Dalam kesempatan sama, Ketua Kartar Kecamatan Tulangan Akhmad Yazid, menyampaikan tentang pentingnya penguatan dan pembentukan struktur karang taruna di tingkatan desa agar secara legal formilnya jelas mulai dari SK dan SDM-nya.

    Dan sambung Yazid agar mekanisme organisasi yang sesuai dengan aturan dasar dan aturan rumah tangga karang taruna bisa berjalan.

    “Hal ini juga agar bisa menepis anggapan karang taruna di desa tidak hanya ada ketika peringatan HUT Kemerdekaan, 17 Agustusan saja,” tukasnya.

    Yazid juga menyeruhkan di setiap kepengurusan desa harus bisa kreatif dalam menyusun program dan berkelanjutan, hal ini penting sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian organisasi, terlebih bisa menjadikan kemanfaatan untuk pemuda pemudi desa.

    Di sesi materi kegiatan, Kepala Dinas Sosial Ahmad Misbahul Munir salah satu pemateri menyampaikan tentang kekarang tarunaan.

    Dan pemetaan karakter pemuda dan pemudi di desa, pemetaan ini bertujuan untuk menemu kenali karakter serta potensi pemuda pemudi di desa untuk bisa dijadikan sumber pergerakan organisasi guna memakmurkan desa. [isa/aje]

    Source link