More

    Kasus Nimas Surabaya Siap Difilmkan, Ini Deretan Film Indonesia yang Diadaptasi dari Thread Viral X

    Surabaya (beritajatim.com) – Dunia maya Indonesia tengah dihebohkan dengan rencana pembuatan film “Nimas: Neraka 10 Tahun”. Film ini akan mengangkat kisah pilu Nimas, seorang perempuan asal Surabaya yang hidupnya dihantui teror stalker selama satu dekade.

    Kisah Nimas yang awalnya dibagikan di media sosial X (sebelumnya Twitter) sontak viral dan mencuri perhatian publik. Keputusan Soraya Intercine Films untuk memfilmkan kisah ini pun menjadi bukti nyata bahwa viralitas media sosial memiliki pengaruh besar terhadap industri perfilman nasional.

    Fenomena adaptasi cerita viral X menjadi film layar lebar bukanlah hal yang baru di Indonesia. Sebelumnya, beberapa film Indonesia yang diadaptasi dari cerita viral di X. Penasaran ada apa saja? Berikut daftarnya.

    1. KKN Desa Penari (2022)

    Film ini berasal dari kisah mistis yang viral di Twitter (sekarang X) pada 2019 oleh akun @SimpleM81378523. Thread ini meraih lebih dari 85 ribu retweet dan 180 ribu likes. Cerita ini kemudian diadaptasi menjadi novel dan film. Meski penayangannya tertunda akibat pandemi COVID-19, akhirnya tayang pada April 2022 dan berhasil mengumpulkan lebih dari 10 juta penonton, menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa.

    2. Sewu Dino (2023)

    Simple Man, dengan akun X-nya @SimpleM81378523, juga menulis kisah horor populer lainnya, yaitu Sewu Dino. Thread ini pertama kali diunggah pada Agustus 2019 dan mendapatkan lebih dari 78 ribu retweet dan 200 ribu likes. Film adaptasi Sewu Dino, disutradarai oleh Kimo Stamboel, tayang pada April 2023 dan meraih 4,8 juta penonton.

    3. Di Ambang Kematian (2023)

    Thread horor lainnya, “Di Ambang Kematian,” ditulis oleh akun X @Jeropoint, merupakan kisah nyata yang diposting pada April 2022 dan memperoleh lebih dari 42 ribu retweet dan 146 ribu likes. Film adaptasi thread ini dirilis oleh MVP Pictures pada tahun 2023, disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis dan menampilkan artis terkenal seperti Taskya Namya dan Wafda Saifan. Film ini meraih 3,3 juta penonton selama masa penayangannya.

    4. Lembayung (2024)

    Thread horor “Jin Poli Gigi” yang ditulis oleh Pica di akun X @saturnrushx menceritakan pengalaman horor Pica saat PKL di sebuah poli gigi di Jawa Tengah, dan mendapat 21 ribu retweet serta 82 ribu likes. Film adaptasi dengan judul “Lembayung” akan disutradarai oleh Baim Wong, menandai debutnya sebagai sutradara. Proses syuting sudah dilakukan pada akhir tahun 2023 dan dijadwalkan tayang pada tahun 2024.

    Dengan tren ini, semakin banyak kisah viral dari media sosial yang diadaptasi menjadi film, memberikan pengalaman baru bagi penonton Indonesia. Akankah film “Nimas: Neraka 10 Tahun” mengikuti jejak kesuksesan film adaptasi X lainnya? Mari kita nantikan kehadirannya di bioskop Indonesia.(mnd/ted).

    Source link