More

    Ini 7 Penyebab Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah


    Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa orang tentu pernah merasakan lelah dan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas. Hal itu mungkin saja merupakan tanda adanya gangguan kesehatan.

    Rasa lelah bisa menjadi gejala suatu penyakit yang ditandai dengan tidak adanya energi untuk beraktivitas atau bahkan bergerak dan berlangsung sepanjang hari. Kelelahan ini tentunya dapat menghambat rutinitas Anda sehari-hari dan harus segera mendapat penanganan medis.

    Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan tubuh Anda cepat lelah melansir WebMD.

    1. Anemia

    Anemia adalah kelainan yang membuat darah Anda sulit memindahkan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Jenis yang umum disebut anemia kekurangan zat besi.
    Zat besi bertindak seperti gerbong kereta yang mengangkut oksigen dalam darah Anda.

    “Orang dengan zat besi rendah tidak memiliki cukup gerbong di keretanya. Mereka mudah capek, pusing saat berdiri, brain fog, jantung berdebar-debar,” kata Theodore Friedman, MD, PhD, ketua kedokteran di Universitas Kedokteran dan Sains Charles R. Drew di Los Angeles.

    Untuk menanganinya, Anda dapat memeriksa anemia Anda dengan tes darah sederhana.

    2. Diabetes

    Dokter tidak tahu persis mengapa hal itu membuat orang sangat lelah. Salah satu kemungkinan alasannya adalah tubuh Anda menggunakan banyak energi untuk menghadapi perubahan kadar gula darah yang sering terjadi.

    Yang diketahui dokter adalah kelelahan adalah salah satu gejala diabetes yang paling umum. Ada tanda-tanda lain juga. Anda mungkin merasa haus dan perlu sering ke kamar mandi.

    3. Penyakit Tiroid

    Ini adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang berada di leher Anda. Hal ini membuat hormon yang membantu mengontrol cara Anda menggunakan energi. Ketika kelenjar tiroid Anda rusak, Anda pun akan merasa lemah.

    “Orang dengan tiroid yang kurang aktif akan merasa lelah,” kata Friedman. “Sel-sel mereka tidak bekerja dengan baik, lamban, dan refleks mereka lambat.”

    Dokter kemungkinan akan menguji darah Anda untuk mencari hormon tiroid dan mengetahui apakah penyebab kelelahan yang dialami.

    4. Penyakit jantung

    Kelelahan ekstrem adalah gejala umum gagal jantung kongestif, yang terjadi ketika jantung tidak memompa sebagaimana mestinya. Jika sudah merasa lelah, ini biasanya akan bertambah parah saat berolahraga.  Anda mungkin juga mengalami pembengkakan di lengan atau kaki dan sesak napas.

    5. Sleep Apnea

    Gangguan ini menghalangi Anda mendapatkan cukup oksigen saat tidur. Itu artinya Anda tidak akan mendapatkan istirahat yang sebenarnya di malam hari.

    “Otak memperhatikan bahwa Anda tidak membuang CO2, dan otak terbangun sebentar dalam keadaan waspada,” kata Lisa Shives, MD, direktur Sleep Medicine Center di University of California, San Diego School of Medicine.

    Anda bahkan tidak menyadarinya, sehingga sulit untuk mengetahui mengapa Anda begitu mengantuk di siang hari.

    Sebuah alat yang disebut mesin Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dapat membantu menjaga saluran udara Anda tetap terbuka untuk tidur malam yang nyenyak.

    6. Menopause

    Jika Anda seorang wanita yang sedang mengalami menopause, Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak. Hormon Anda banyak berubah saat ini, yang menyebabkan Anda berkeringat di malam hari dan rasa panas. Itu bisa membuat Anda terjaga di malam hari dan membuat Anda lelah di siang hari.

    7. Depresi

    Depresi dapat menurunkan tingkat energi dan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari. Anda mungkin juga merasa sulit untuk tertidur di malam hari, atau mungkin bangun lebih awal dari yang Anda inginkan di pagi hari.

    Sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter Anda jika Anda merasa depresi. Terapi bicara dan pengobatan dapat membantu.

    [Gambas:Video CNBC]

    Artikel Selanjutnya

    Jangan Sepelekan, Ini Tanda Kelelahan yang Bisa Picu Kematian

    (miq/miq)


    Source link